Apa Saja Faktor Yang Mempengaruhi Biaya Mobilisasi Alat Pancang?

Mobiliasi Alat Pancang
Mobilisasi Alat Pancang
Pondasi tiang pancang sering digunakan untuk berbagai macam jenis bangunan. Seperti kita ketahui biaya pekerjaan pondasi pancang mengambil porsi cukup besar dari keseluruhan biaya struktur bangunan (meski tergantung dari luas bangunan dan jumlah lantainya).

Baca juga artikel lain rumahmaterial.com tentang pondasi tiang pancang  :
Pada kesempatan ini rumahmaterial.com akan mencoba mengulas khusus tentang biaya mobilisasi alat pancang. Apa sebenarnya faktor yang mempengaruhi biaya mobilisasi alat pancang pada suatu proyek konstruksi? Simak ulasannya di bawah ini.

Lokasi Proyek 

Apakah proyeknya berlokasi di dalam kota atau di luar kota, berapa jauh jaraknya dari lokasi pool pengiriman alat pancang. Dari data tersebut akan dapat diperhitungkan biaya untuk mobilisasi alat pancang tersebut.

Jenis Dan Kapasitas Alat Pancang

Untuk alat pancang dengan kapasitas lebih besar tentunya akan membutuhkan biaya mobilisasi yang lebih besar.

Misalnya alat pancang dengan kapasitas 240 ton pasti akan membutuhkan biaya mobilisasi yang lebih mahal jika dibandingkan alat pancang kapasitas 120 ton.

Jumlah Alat Pancang

Jika ternyata membutuhkan alat pancang lebih dari satu maka biaya mobilisasi alat pancang pun akan bertambah dengan sesuai jumlah alatnya. 

Misalnya jumlah alat pancang yang dibutuhkan ada dua unit tentunya harga mobilisasinya juga akan menjadi dua kali lipatnya.

Kondisi Jalan

Mobilisasi alat pancang dilakukan dengan menggunakan truck trailer dengan kapasitas beban yang cukup berat dengan tekanan gandar atau muatan sumbu terberat (MST) <= 10 ton. 

Jika kondisi jalan menuju lokasi proyek ternyata ada pembatasan muatan MST < 10 ton, maka biasa akan ada penambahan biaya. 

Untuk mendapatkan biaya mobilisasi alat pancang yang lebih pasti sebaiknya kita meminta pihak subkontraktor spesialis pancang melakukan survey lokasi agar mereka dapat mengetahui dan memperhitungkan berbagai macam hal dan kendala yang mungkin terjadi.

Posting Komentar untuk "Apa Saja Faktor Yang Mempengaruhi Biaya Mobilisasi Alat Pancang?"