Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Plat Besi Untuk Landasan Alat Berat

Plat Besi Untuk Landasan Alat berat

Rumahmaterial.com - Plat Besi atau Steel Plate merupakan salah satu solusi untuk mengatasi kondisi tanah atau jalan yang kurang stabil agar tidak amblas saat digunakan untuk akses alat berat atau pun juga kendaraan dengan muatan yang berat.

Pada proyek konstruksi biasanya plat besi diperlukan sebagai landasan saat pekerjaan pemancangan pondasi tiang pancang, untuk akses yang dilalui alat pancang dan trailer yang mengangkut material tiang pancangnya jika kondisi tanahnya jelek.

Jangan lupa simak juga artikel sebelumnya tentang Mengenal Pondasi Tiang Pancang Jack In Pile Yang Ramah Lingkungan.

Apa Jenis Plat Besi Yang Digunakan? 

Untuk landasan alat berat atau kendaraan berat umumnya digunakan plat besi htam, karena jenis plat ini memiliki kekuatan yang cukup tinggi dan banyak tersedia di pasaran. 

Selain itu harganya juga lebih terjangkau jika dibandingkan jenis plat besi yang lain.  

Plat besi yang digunakan sebagai landasan biasanya yang memiliki ketebalan 15 mm sampai 20 mm dan berukuran 1,5 m x 6 m setiap lembarnya.

Ketebalan plat yang diperlukan sangat dipengaruhi oleh beban alat berat atau kendaraan berat yang akan melewatinya.

Dalam penggunaannya plat besi akan disusun secara rapi pada area-area yang membutuhkan perlindungan terhadap kerusakan dan area yang kurang stabil kondisi tanahnya.

Untuk plat besi ini bisa diperhitungkan sebagai biaya sewa selama pelaksanaan konstruksi. 

Atau bisa juga beli baru, tetapi setelah tidak diperlukan nantinya bisa dijual lagi meski harga jualnya sudah tidak sama lagi dengan harga saat beli tentunya.

Jika dijual lagi, penurunan harga plat besi bisa sampai 20% dari harga saat beli, tetapi tergantung juga dari kondisi plat tersebut apakah masih bagus atau tidak. 

Apa Fungsi Plat Besi Tersebut?

Plat besi berperan dalam membantu mendistribusikan beban dari peralatan berat dan kendaraan konstruksi secara merata. 

Hal ini tentunya akan dapat mencegah penurunan atau kerusakan pada tanah di sekitarnya dan menjaga kestabilan permukaan.

Plat besi juga akan meminimalkan gangguan akibat kondisi cuaca atau medan yang sulit, penggunaan plat besi diharapkan dapat menghemat waktu dan biaya dalam pelaksanaan proyek konstruksi. 

Pekerjaan dapat terus berlanjut tanpa penundaan yang tidak terduga, misalnya ban kendaraan yang mengalami selip saat melalui jalan berlumpur dengan tanah yang lunak.

Plat besi juga bisa berfungsi sebagai pengaman agar saluran U Ditch dengan tutup atau mungkin saluran box culvert tetap aman dilalui kendaraan / alat berat. 

Demikian sedikit ulasan rumahmaterial.com tentang Plat Besi Untuk Landasan Alat Berat, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Plat Besi Untuk Landasan Alat Berat"