Cara Mudah Membuat BQ Pekerjaan Pondasi Tiang Pancang

Pekerjaan Pondasi Tiang Pancang

Pondasi tiang pancang sering digunakan untuk pekerjaan bangunan gedung bertingkat dan bermacam-macam jenis bangunan yang lain. Secara umum pondasi tiang pancang terdiri dari dua jenis tergantung dilihat dari sisi yanng mana. 

Dari sisi cara pemancangan tiang pancang terbagi menjadi tiang pancang dengan sistem pukul atau drop hammer dan tiang pancang dengan sistem tekan atau jack in pile. 

Pada artikel sebelumnya rumahmaterial.com pernah membahas tentang Mengenal Pondasi Tiang Pancang Jack In Pile Yang Ramah Lingkungan.

Jika dilihat dari sisi bentuk pondasi tiang pancang maka ada tipe kotak atau square pile dan tipe bulat atau spun pile. 

Mutu beton untuk tiang pancang bervariasi tergantung dari produsennya, ada yang menggunakan mutu beton K-450, tetapi ada juga yang menggunakan K-500, khusus untuk tipe spun pile biasa menggunakan mutu K-600.

Berikut ini rumahmaterial.com akan mencoba berbagi Cara Membuat Bill Of Quantity atau BQ untuk Pekerjaan Pondasi Tiang Pancang. 

Untuk bisa membuat BQ pekerjaan tiang pancang kita harus mengetahui komponen biaya yang ada atau perlu diperhitungkan seperti pernah kami bahas dalam artikel Komponen Utama Biaya Pekerjaan Tiang Pancang.

Contoh misalnya suatu bangunan memiliki desain pondasi tiang pancang seperti di bawah ini :
Material tiang pancang menggunakan ukuran 40x40 cm, mutu beton K-500 dengan kedalaman sampai 24 m (menggunakan konfigurasi tiang pancang 12 m + 12 m) dengan jumlah titik tiang pancang 200 titik, dan dipersyaratkan PDA test 2 titik.
Panjang tiang pancang = 24 m x 200 titik = 4.800 m'.

Maka Bill of Quantity atau BQ nya dapat kita buat sebagai berikut :

BILL OF QUANTITY PEKERJAAN PONDASI TIANG PANCANG

 No  Uraian   Volume    Satuan Harga 
Satuan 
 Jumlah 
Harga
1 Mobilisasi Demobilisasi
Alat Pancang  
1,00Ls

2 Material Tiang Pancang 40x40 cm
(konfigurasi tiang 12 m+12m)
4.800,00m'

3Handling Tiang Pancang 4.800,00m'

4Sambungan Tiang Pancang 200,00Set

5 Pemancangan Tiang Pancang 4.800,00m'

6 Potong Kepala Tiang Pancang 200,00Titik

7 PDA Test  2,00Titik


Demikian sedikit ulasan rumahmaterial.com tentang Cara Membuat Bill Of Quantity atau BQ Pekerjaan Pondasi Tiang Pancang, semoga bermanfaat bagi Anda.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Membuat BQ Pekerjaan Pondasi Tiang Pancang"