Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Komponen Utama Biaya Pekerjaan Tiang Pancang

Rumahmaterial.com - Pondasi tiang pancang merupakan salah satu tipe pondasi yang banyak digunakan terutama untuk pembangunan gedung bertingkat, tetapi tidak menutup kemungkinan penggunaan pondasi tiang pancang untuk bangunan rumah tinggal jika memang diperlukan.

Simak juga artikel rumahmaterial.com sebelumnya tentang Mengenal Pondasi Tiang Pancang Sistem Jack In Pile Yang Ramah Lingkungan.

Dalam perhitungan biaya pondasi tiang pancang ada beberapa komponen utama biaya pondasi tiang pancang yang menjadi perhatian khusus, antara lain :

Mobilisasi dan Demobilisasi Alat Pancang

Biaya untuk mendatangkan alat pancang ke lapangan dan memulangkan kembali alat pancang setelah selesai pekerjaan. Simak juga: Apa Saja Faktor Yang Mempengaruhi Biaya Mobilisasi Alat Pancang?

Biasanya lumayan besar karena selain biaya sewa truck trailer, upah tenaga operator dan BBM umtuk transportasi, perlu memperhitungkan juga biaya koordinasi dengan aparat keamanan dan koordinasi lingkungan setempat.

Pondasi tiang Pancang
Pondasi tiang Pancang

Material Tiang Pancang

Data yang kita perlukan untuk meminta penawaran dari kontraktor spesialis pancang antara lain :
  • Apakah menggunakan tiang pancang biasa atau prestress?
  • Bentuknya kotak, bulat / spun pile, atau segitiga?
  • Berapa ukuran tiang pancang dan Mutu Betonnya? 
  • Bagaimana penulangan besinya?
Umumnya Tiang pancang diproduksi dengan panjang 6 m dan 12 m. Pemilihan panjang material tiang pancang akan mempertimbangkan kedalaman rencana tiang pancang dan kemudahan dalam pengiriman materialnya. 

Misalnya untuk area yang padat dan jalan yang kurang lebar rasanya sulit untuk pengiriman material tiang pancang 12 m.

Jasa Pemancangan Tiang Pancang

Pertama ditentukan dulu apakah menggunakan sistem pukul (drop hammer / diesel hammer) atau menggunakan sistem tekan (hydraulic injection)

Yang jadi pertimbangan adalah harga dan kondisi lingkungan setempat. Sistem pukul biayanya lebih murah tetapi menimbulkan kebisingan dan getaran terhadap lingkungan sekitar. 

Sedangkan sistem tekan lebih mahal tetapi menimbulkan gangguan yang minimal terhadap lingkungan karena relatif tidak menimbulkan getaran dan kebisingan.

Penyambungan Tiang Pancang

Selain itu kita harus menentukan kombinasi panjang material per segmen dan total kedalaman tiang pancang yang meminimalisir jumlah sambungan. 

Misal : kita mempunyai desain kedalaman pancang 18 m maka akan lebih ekonomis memakai kombinasi material pancang 12 m + 6 m (1 sambungan) dari pada 6 m + 6 m + 6 m (2 sambungan). 

Tetapi kita juga harus memperhitungkan apakah bisa dilakukan pengiriman material sepanjang 12 m seperti kita bahas di atas.

Demikian ulasan rumahmaterial.com tentang Komponen Utama Biaya Pekerjaan Tiang Pancang, semoga bermanfaat...!

Posting Komentar untuk "Komponen Utama Biaya Pekerjaan Tiang Pancang"