Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Produktivitas Pekerjaan Pondasi Tiang Pancang

Seperti kita ketahui bahwa suatu proyek pasti dibatasi oleh waktu. Pada proyek konstruksi terdapat pekerjaan-pekerjaan yang harus selesai sebelum pekerjaan selanjutnya dapat dimulai, contohnya adalah pekerjaan struktur.

Pekerjaan struktur atas tidak dapat dimulai sebelum struktur bawah terutama pondasi tiang pancang selesai. Karena itu pekerjaan pondasi tiang pancang merupakan pekerjaan yang bersifat kritis dalam artian bahwa keterlambatan pekerjaan tersebut akan menyebabkan keterlambatan pelaksanaan proyek konstruksi secara keseluruhan.

Jika kita sudah mengetahui berapa kira-kira produktivitas alat pancang dapat melakukan pemancangan dalam waktu satu hari maka kita dapat memperkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan pondasi tiang pancang untuk proyek tersebut.

Pemancangan Tiang Pancang

Sebagai gambaran misal ada suatu bangunan dengan jumlah tiang pancang 100 titik dengan kedalaman 20 m / titiknya. Maka total volume tiang pancang adalah 100 titik x 20 m / titik= 2.000 m jika produktivitas tiang pancang per hari adalah 100 m / alat / hari, maka durasi total pekerjaan pancang adalah = 2.000 m/ 100 m / atat / hari =  20 hari jika menggunakan satu alat.

Jika menggunakan dua alat tentunya durasi total menjadi lebih cepat lagi yaitu 20 hari / 2 = 10 hari. Tetapi kadang memakai satu alat masih lebih ekonomis meski lebih lama karena biaya mobilisasi dan demobilisasi alat yang besar.

Selain mempertimbangkan masalah biaya mobilisasi alat pancang kita juga harus memikirkan kondisi lahan yang ada, apakah memungkinkan jika menggunakan alat pancang lebih dari satu. Karena jika lahan terlalu sempit maka memakai lebih dari satu alat akan menyebabkan kesulitan alat untuk bermanuver sehingga bisa saja bukannya menambah produktivitas malah akan menurunkan produktivitas.

Kesimpulannya adalah dari volume dan produktivitas akan didapat durasi pelaksanaan dan jumlah alat yang diperlukan. Jika jumlah alat ditentukan maka durasi yang menyesuaikan sebaliknya jika durasi yang ditentukan maka jumlah alat yang menyesuaikan tentunya dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi lahan yang ada.

Jangan lupa simak juga artikel lain rumahmaterial.com tentang pondasi tiang pancang sebagai berikut :
Demikian artikel rumahmaterial.com tentang prinsip pelaksanaan pekerjaan pondasi tiang pancang. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Back To Top