Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Biaya Pekerjaan Tiang Pancang Membengkak? Mungkin Ini Salah Satu Penyebabnya.

Pondasi tiang pancang semakin umum digunakan untuk bangunan gedung bertingkat seperti yang pernah dibahas sebelumnya tentang Mengenal Pondasi Tiang Pancang Jack In Pile Yang Ramah Lingkungan. Biaya untuk pekerjaan tiang pancang sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor Komponen Utama Biaya Tiang Pancang. Tetapi selain itu terdapat beberapa hal yang menyebabkan total biaya pekerjaan tiang pancang membengkak, antara lain :

Data tanah yang tidak lengkap
Misalnya ternyata terdapat lapisan lensa / batu cadas padahal belum mencapai tanah keras tetapi tiang pancang tidak bisa masuk lagi maka perlu dilakukan pemancangan ulang / titik pancangnya digeser. Hal ini selain menyebabkan biaya pekerjaan tiang pancang bertambah juga akan menambah biaya pekerjaan pile cap beton karena dengan menggeser posisi tiang pancang dari seharusnya maka ukuran pile cap akan bertambah besar.

Pelat Beton Sisa Bangunan Lama
Pelat Beton Sisa Bangunan Lama
Terdapat lapisan beton sisa bangunan eksisting.
Ini kerap terjadi jika melakukan pekerjaan tiang pancang yang lokasinya atas bekas bangunan lama. Jika terdapat lapisan lantai beton eksisting kita harus memperhitungkan pekerjaan bobok lantai beton eksisting tersebut agar dapat dilakukan pemancangan. 

Pelaksanaan pekerjaan pemancangan yang salah.
Misalnya kesalahan surveyor dalam menentukan lokasi titik pancang, kalau ini terjadi otomatis perlu dilakukan pemancangan ulang di lokasi titik yang benar. Atau mungkin bisa juga pemancangan titik yang miring. Kesalahan seperti ini tentunya akan menimbulkan biaya besar yang tidak perlu.

Lokasi pemancangan di atas lahan dengan kondisi tanah yang jelek
Untuk kondisi tanah yang jelek di lapangan kadang perlu dibuatkan jalan kerja sementara menggunakan urugan lime stone atau urugan macadam, selain itu kadang juga menggunakan alas pelat baja dengan tebal 15 mm sebagai pijakan alat pancang, Tinggal dipilih sesuai dengan kebutuhan di lapangan dengan mempertimbangkan biaya yang ditimbulkan. 

Komplain dari masyarakat sekitar
Ini biasa terjadi jika lokasi pekerjaan terletak di perumahan yang padat. Kadang getaran yang ditimbulkan pekerjaan pemancangan walau sudah diminimalkan dengan sistem jack in pile kadang masih dapat menyebabkan retak-retak pada dinding bangunan yang bersebelahan dengan lokasi. Tentunya jika ini yang terjadi akan menjadi tanggung jawab pelaksana pembangunan untuk melakukan ganti rugi / memperbaiki kerusakan tersebut.

Back To Top