Direksi Keet Proyek Menggunakan Rumah Prefab Sandwich Panel

Direksi Keet Rumah Prefab Sandwich Panel

Rumahmaterial.com  - Direksi keet atau kantor sementara proyek merupakan salah satu item pekerjaan persiapan proyek konstruksi yang sangat penting untuk menunjang kegiatan proyek.

Dalam penentuan ukuran dan bahan direksi keet yang digunakan sangat dipengaruhi oleh jenis dan skala besar kecilnya proyek lamanya pelaksanaan proyek.

Untuk proyek kecil seperti rumah tinggal mungkin bisa menggunakan direksi keet dari bahan kayu dan multipleks dengan atap menggunakan atap seng atau asbes. 

Meski sebenarnya penggunaan asbes sebaiknya dihindari karena tidak baik untuk kesehatan. 

Untuk proyek skala menengah dan besar, kontraktor bisa menggunakan container office untuk direksi keet. Apalagi jika proyek tersebut membutuhkan direksi keet yang mudah dipindahkan posisi atau lokasinya. 

Selain itu kini kita bisa juga menggunakan rumah prefab sandwich panel sebagai direksi keet. 

Apa itu rumah prefab sandwich panel?

Rumah prefab sandwich panel merupakan bangunan yang terbuat dari bahan sandwich panel yang diproduksi dengan sistem modular sehingga nantinya dapat dengan mudah untuk dirangkai di lokasi proyek oleh tenaga spesialis.

Sandwich panel yang digunakan untuk dinding, pintu, dan atap adalah sandwich panel EPS dengan tebal 5 cm yang ringan dan cukup dapat meredam panas.

Apa Kelebihan Rumah Prefab Sandwich Panel?

Ada beberapa keunggulan menggunakan rumah prefab sandwich panel sebagai direksi keet dalam pelaksanaan proyek konstruksi, antara lain:

1. Tampilan yang rapi dan estetik

Jika dibandingkan dengan direksi keet dari bahan kayu dan multipleks tentunya menggunakan direksi keet sandwich panel lebih baik dari sisi tampilan, dan akan terkesan lebih berkelas.

Penggunaan direksi keet yang bagus akan dapat juga menjadi media promosi bagi kontraktor, karena menunjang kerapihan proyek tersebut.

2. Mudah dan cepat pemasangannya

Pekerja spesialis tinggal merangkai setiap bagian bangunan moduler sesuai dengan petunjuk dan arahan yang tersedia.

3. Desain yang dapat disesuaikan 

Desain direksi keet prefab sandwich panel sangat fleksibel. Ukuran dan jumlah ruangan yang diperlukan bisa disesuaikan dengan kebutuhan proyek.

4. Tidak perlu finishing

Material sandwich panel tidak memerlukan finishing lagi sehingga lebih cepat pelaksanaannya dan lebih mudah dalam perawatannya.

5. Hemat energi

Dengan menggunakan sandwich panel akan dapat menghemat penggunaan AC karena  material sandwich panel dapat meredam panas. 

6. Lebih nyaman dan tidak berisik

Material sandwich panel juga bersifat meredam suara, sehingga jika kita bekerja dalam direksi keet maka tidak akan terlalu terganggu dengan suara berisik pelaksanaan pekerjaan proyek.

7. Bahan yang ringan dan mudah dibongkar pasang

Tentunya ini akan membuat direksi keet ini dapat dipindahkan ke lokasi yang lain dengan mudah.Selain itu bagi kontraktor penggunaan rumah prefab ini akan dapat menjadi suatu investasi karena dapat digunakan berulang-ulang untuk proyek-proyek yang lain.

Berapa Biaya Pembuatan Rumah Prefab Sandwich Panel?

Biaya pembuatan rumah prefab ini bisa berbeda-beda karena sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain:

  1. Lokasi Proyeknya, karena akan berpengaruh terhadap biaya kirim material dan mobiliasi tenaga kerja untuk pelaksanaan instalasinya.
  2. Jenis bangunannya, tentunya akan berbeda harganya untuk bangunan direksi keet 1 lantai dengan bangunan 2 lantai.
  3. Ukuran bangunan. Semakin luas bangunan direksi keet tersebut tentunya akan semakin mahal biayanya.
  4. Konfigurasi ruangan yang diperlukan. Semakin banyak pembagian ruangan akan lebih mahal karena jadi banyak dinding penyekat dan mungkin membutuhkan lebih banyak pintu dan jendela.

Jadi untuk mengetahui informasi harganya kita bisa menghubungi spesialis penyedia rumah prefab, memberikan informasi lokasi serta jenis, ukuran, dan konfigurasi bangunan atau pembagian ruangnya.

Selanjutnya pihak spesialis penyedia rumah prefab akan menghitung total kebutuhan biayanya.

Untuk pembuatan rumah prefab dari pihak spesialis sudah termasuk pekerjaan kolom baja, atap sandwich panel, plafon akustik, dinding sandwich panel, pintu sandwich panel, jendela UPVC dan kaca, titik lampu dan stop kontak, serta instalasi kabel listriknya.

Detail Direksi Keet Rumah Prefab Sandwich Panel
Detail Konstruksi Direksi Keet Sandwich Panel (Sumber: Sanwa Prefab)

Tetapi biasanya ada beberapa item pekerjaan yang tidak termasuk dalam lingkup kerja spesialis rumah prefab ini yaitu untuk pondasi, pengecoran pelat lantai, keramik, dan pekerjaan sanitary dan plumbing.

Demikian sedikit ulasan tentang rumah prefab sandwich panel yang dapat menjadi pilihan dalam membuat direksi keet atau kantor sementara di proyek, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Direksi Keet Proyek Menggunakan Rumah Prefab Sandwich Panel"