Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jadwal Pekerjaan Instalasi Lift / Elevator

Pada bangunan bertingkat tinggi lift merupakan salah satu alat transportasi vertikal yang sangat penting untuk mobilisasi penghuni bangunan tersebut. Karena itu biasanya selalu ada pekerjaan instalasi lift / elevator pada proyek pembangunan gedung bertingkat.

Hampir semua merek lift yang ada di Indonesia merupakan barang impor yang diproduksi pabrik di luar negeri sehingga membutuhkan waktu yang relatif lama untuk proses produksi dan pengirimannya.

Karena itu pada pelaksanaan proyek konstruksi pembangunan gedung bertingkat perlu dilakukan proses persetujuan material sesegera mungkin agar dapat segera dilakukan pemesanan material lift ke pabriknya.

Proses persetujuan material ini meliputi pengajuan merek lift dan spesifikasi teknisnya, shop drawing, metode kerja dan jadwal pelaksanaannya. Paling tidak proses ini memakan waktu sekitar 1 minggu.

Setelah mendapat persetujuan material lift yang akan dipakai, maka dapat dilakukan proses pemesanan dan fabrikasi lift di pabrik. Proses fabrikasi lift bisa sekitar 4 sampai 5 bulan.

Setelah selesai fabrikasi maka akan dilakukan pengiriman via kapal laut yang bisa memakan waktu sekitar 3 sampai 4 minggu termasuk custom clearance.

Dari pelabuhan dilakukan pengiriman ke lokasi proyek dan dilakukan proses pemasangan unit lift. Untuk proses pemasangan unit lift bisa sekitar 3 sampai 4 minggu.

Jadi untuk pekerjaan lift dari mulai pemesanan sampai terpasang bisa sekitar 6 sampai 7 bulan. Maka seperti sudah kami sebutkan di awal artikel bahwa proses persetujuan material dan pemesanan lift harus sesegera mungkin karena membutuhkan waktu yang cukup lama.

Jadwal Pekerjaan Instalasi Lift / Elevator
Jadwal Pekerjaan Instalasi Lift / Elevator
Jadwal pelaksanaan pekerjaan lift ini hanya merupakan gambaran umum saja dan mungkin bisa berbeda dengan kenyataan di lapangan karena berbeda merek bisa beda lokasi negara pabrik pembuatnya dan karena antrian proses produksi di pabrik juga bisa lebih lama. 

Sementara untuk pekerjaan pemasangan unit lift dilakukan setelah pekerjaan struktur pit lift dan shaft lift selesai. Sehingga jadwal pelaksanaan proyek konstruksi dan jadwal pekerjaan instalasi lift harus disesuaikan agar tidak terjadi keterlambatan.   

Demikian sedikit ulasan rumahmaterial.com tentang Jadwal Pekerjaan Instalasi Lift/ Elevator, semoga dapat bermanfaat bagi Anda.