Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Kupas Tuntas Material Sandwich Panel

Sandwich panel merupakan material yang terbuat dari 2 lapisan pelat zincalume yang direkatkan pada kedua sisi lapisan insulasi, karena itu kadang sering disebut juga insulated sandwich panel.

Berdasarkan jenis lapisan insulasinya ada beberapa jenis sandwich panel antara lain :
  1. EPS Panel, menggunakan bahan Expanded Polystyrene sebagai bahan insulasi yang memiliki karakteristik kuat tetapi sangat ringan dan baik untuk menahan panas. Umumnya tersedia dalam ketebalan 40, 50, 75, 100, 125, 150, 175, 200 mm.
  2. PUR Panel, menggunakan insulasi Polyurethane yang memiliki thermal konduktivitas rendah serta baik dalam penghematan energi, dan juga dapat mencegah kondensasi sehingga sering digunakan untuk dinding dan plafon gudang pendingin (cold room).Umumnya tersedia dalam ketebalan 50, 75, 100, 125, 150 mm.
  3. Glasswool Panel, menggunakan Glasswool sebagai bahan insulasi / isolator yang memiliki karakteristik tahan api serta tidak mengeluarkan gas beracun saat terbakar. Panel jenis ini cocok digunakan pada banguan yang rawan terhadap terjadinya  kebakaran. Umumnya tersedia dalam ketebalan 50, 75, 100, 125  mm.
Sandwich Panel
Sandwich Panel
Sandwich panel biasa digunakan sebagai bahan partisi dinding dan plafond untuk area tertentu, misalnya untuk (clean room) pada bangunan kesehatan, industri farmasi dan elektronik, industri garmen, industri makanan (food processing), serta rumah sakit (ruang operasi), cold room dan freezer, selain itu ada juga produk sandwich panel untuk penutup atap.

Keunggulan dari produk sandwich panel antara lain adalah hemat energi (energy saver), peredam panas dan peredam suara yang baik, siap pasang / tidak perlu finishing lagi, bersih (clean), custom made (bisa dibuat sesuai pesanan), cepat pemasangannya, dan mudah perawatannya. 

Sedangkan kekurangan dari produk sandwich panel mungkin pada harganya yang relatif mahal. Beberapa supplier produk sandwich panel bahkan kadang ada yang memberikan harga material dalam mata uang US $ karena produknya merupakan produk impor yang harganya sangat dipengaruhi oleh fluktuasi kurs dollar.  Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi supplier material sandwich panel yang ada di Daftar Supplier Sandwich Panel.

Biasanya untuk ruangan yang menggunakan dinding dan plafond sandwich panel, maka untuk pintu dan jendelanya juga menggunakan pintu dan jendela khusus (insulated door and window) yang full system dengan produk tersebut.

Untuk meminta penawaran produk sandwich panel khususnya untuk pekerjaan partisi dinding dan plafon biasanya terdapat beberapa data yang perklu disiapkan antara lain : Bill of Quantity (BQ yang mencantumkan item pekerjaan, tipe material yang digunakan, dan volume), gambar denah dan potongan ruangan, gambar detail pintu dan jendela.

Sandwich panel diproduksi secara modular tetapi fleksibel, untuk salah satu merek produknya yang berukuran lebar 1 m, panjangnya bisa custom sampai 12 m sesuai kebutuhan proyek. Penyimpanan sandwich panel di lokasi proyek harus dalam ruang agar tidak terkena hujan dan diletakkan di atas potongan kayu untuk menghindari kontak langsung dengan tanah. Tumpukan panel dengan ketinggian maksimum 2 m dilindungi dengan kardus di antara lembaran panel agar tidak tergores.  

Demikian informasi tentang produk sandwich panel yang dapat rumahmaterial.com sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda.

Back To Top