Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kawat Beton / Kawat Bendrat Untuk Pengikat Pembesian Beton Bertulang

Kawat Beton / Kawat Bendrat

Kawat beton yang sering disebut kawat ikat atau juga kawat bendrat merupakan komponen penting untuk pekerjaan pembesian tulangan beton. 

Kawat beton merupakan kawat tipis / berdiameter kecil tetapi kuat dan tidak kaku sehingga mudah digunakan untuk mengikat. 

Kawat beton berfungsi untuk mengikat tulangan satu dengan tulangan yang lain agar menjadi satu kesatuan rangkaian yang kuat dan tidak mudah bergeser.

Kawat beton umumnya digunakan sebagai pengikat antara tulangan utama dengan tulangan sengkang pada kolom dan balok beton dan pengikat antara tulangan arah memanjang dan tulangan arah melintang pada pekerjaan pelat beton.

Selain itu kawat beton juga sering digunakan sebagai pengikat jika diperlukan untuk pekerjaan yang lain misalnya saat pekerjaan finishing.

Untuk proyek konstruksi biasanya menggunakan kawat beton dalam satuan roll dengan berat 25 kg karena kebutuhan yang banyak. Tapi untuk kebutuhan yang tidak banyak bisa dibeli juga dalam bentuk eceran misalnya 1 kg di toko bahan bangunan.

Dalam analisa harga SNI koefisien untuk kawat beton adalah 0,15 kg untuk setiap 10 kg pekerjaan pembesian. Jika mengikuti rumusan itu maka kebutuhan kawat beton adalah sekitar 1,5% dari berat material besi beton yang digunakan.

Misalnya untuk pekerjaan pembesian dengan kebutuhan material besi beton 10 ton, maka berapa banyak kawat beton yang dibutuhkan?

Jumlah kawat beton = 1,5% x berat material besi beton
= 1,5% x 10 ton
= 1,5% x 10.000 kg 
= 150 kg atau 6 roll @ 25 kg

Demikian sedikit ulasan rumahmaterial.com tentang kawat beton, semoga bermanfaat…!

Posting Komentar untuk "Kawat Beton / Kawat Bendrat Untuk Pengikat Pembesian Beton Bertulang"