Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kawat Beton / Kawat Bendrat Untuk Pengikat Pembesian Beton Bertulang

Kawat Beton / Kawat Bendrat

Rumahmaterial.com - Kawat beton yang sering disebut kawat ikat atau juga kawat bendrat merupakan komponen penting untuk pekerjaan pembesian tulangan beton. 

Kawat beton merupakan kawat tipis / berdiameter kecil tetapi kuat dan tidak kaku sehingga mudah digunakan untuk mengikat. 

Kawat beton berfungsi untuk mengikat tulangan satu dengan tulangan yang lain agar menjadi satu kesatuan rangkaian yang kuat dan tidak mudah bergeser.

Kawat beton umumnya digunakan sebagai pengikat antara tulangan utama dengan tulangan sengkang pada kolom dan balok beton dan pengikat antara tulangan arah memanjang dan tulangan arah melintang pada pekerjaan pelat beton.

Selain itu kawat beton juga sering digunakan sebagai pengikat jika diperlukan untuk pekerjaan yang lain misalnya saat pekerjaan finishing.

Untuk proyek konstruksi biasanya menggunakan kawat beton dalam satuan roll dengan berat 25 kg karena kebutuhan yang banyak. Tapi untuk kebutuhan yang tidak banyak bisa dibeli juga dalam bentuk eceran misalnya 1 kg di toko bahan bangunan.

Dalam analisa harga SNI koefisien untuk kawat beton adalah 0,15 kg untuk setiap 10 kg pekerjaan pembesian. 

Simak juga Analisa Harga Satuan Pekerjaan Pembesian Tulangan Struktur Beton Sesuai Format SNI dan Permen PUPR.

Jika mengikuti rumusan itu maka kebutuhan kawat beton adalah sekitar 1,5% dari berat material besi beton yang digunakan.

Misalnya untuk pekerjaan pembesian dengan kebutuhan material besi beton 10 ton, maka berapa banyak kawat beton yang dibutuhkan?

Jumlah kawat beton = 1,5% x berat material besi beton
= 1,5% x 10 ton
= 1,5% x 10.000 kg 
= 150 kg atau 6 roll @ 25 kg

Demikian sedikit ulasan rumahmaterial.com tentang kawat beton, semoga bermanfaat…!

4 komentar untuk "Kawat Beton / Kawat Bendrat Untuk Pengikat Pembesian Beton Bertulang"

  1. Balasan
    1. SNI 7394:2008 Tata cara perhitungan harga satuan pekerjaan beton untuk konstruksi bangunan gedung dan perumahan

      Hapus
  2. berapa panjang satu ikatan kawat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah maksudnya panjang 1 roll kawat bendrat?

      Terus terang kami pernah menanyakan hal yang sama ke toko bangunan tetapi mereka juga tidak bisa menjawabnya karena biasa kawat bendrat dijual per kg atau per rol besar per 25 kg yang digunakan untuk proyek konstruksi. Jadi mereka juga tidak pernah mengukur berapa panjangnya.

      Kalau maksudnya berapa panjang kawat bendrat untuk mengikat tulangan besi, ini juga tergantung dari masing-masing tukang, jadi tidak ada suatu acuan yang pasti.

      Sebagai pendekatan seperti kami sebutkan dalam artikel, kebutuhan kawat bendrat adalah sekitar 1,5% dari berat besi yang perlu dirangkai atau diikat.

      Hapus