Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Container Office Untuk Kantor Proyek Yang Portable

Salah satu persiapan kontraktor untuk pekerjaan proyek adalah membuat kantor sementara. Besar kecilnya ukuran kantor dan jenisnya apakah semi permanen atau bangunan permanen tergantung dari skala proyek yang dikerjakan. Untuk proyek skala besar dengan jangka waktu yang lama mungkin kontraktor akan membuat bangunan permanen sebagai kantor proyek sementara mereka sebaliknya jika proyeknya berskala kecil dan jangka waktu yang singkat maka kontraktor akan membuat kantor proyek yang lebih sederhana dan tidak permanen.

Terkadang lokasi proyek yang terbatas dan lingkup pekerjaan yang luas mengharuskan kantor sementara proyek berpindah-pindah karena lokasinya menjadi area pelaksanaan pekerjaan. Maka sangat merepotkan jika kontraktor harus berulang kali memindahkan kantor sementaranya. Solusi untuk megatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan container office sebagai kantor sementara proyek yang portable.

Container Office
Container Office
Container office merupakan container standar yang telah dimodifikasi sehingga nyaman digunakan sebagai tempat kerja. Modifikasi terutama dengan melapisi dinding dan plafond dengan material insulasi (contohnya : glasswool) untuk mengurangi panas yang masuk ke dalam unit sehingga jika dipasang AC tidak bekerja terlalu berat. Serta dilengkapi dengan pintu dan jendela dan instalasi elektrikal serta lampu sesuai kebutuhan. Kadang ada yang sudah dilengkapi dengan toilet tetapi ada juga yang belum. Umumnya container office terdapat dua pilihan ukuran yaitu 20 feet dan 40 feet dengan finishing luar menggunakan cat epoxy dan marine coating.

Pengadaan Container Office bisa dengan cara membeli maupun sewa, meski secara jangka panjang pasti membeli lebih ekonomis jika dibandingkan sewa tetapi memerlukan investasi awal yang besar. Untuk membeli kita juga mempunyai dua pilihan apakah membeli container office yang sudah siap pakai atau membeli container bekas yang kita modifikasi sendiri sesuai kebutuhan.

Kelebihan menggunakan container office antara lain adalah :
  1. Cepat, hanya perlu mobilisasi atau mendatangkan container office maka kantor sementara langsung dapat digunakan. 
  2. Konstruksi container office kuat dan tahan lama, serta memiliki ketahanan yang baik terhadap cuaca, panas dan hujan.
  3. Modular, mempunyai bentuk dan ukuran yang standar sehingga dapat digabung / ditumpuk untuk kapasitas ruang yang lebih besar. 
  4. Lebih rapi dan bersih jika dibandingkan membuat kantor sementara dari bahan multipleks rangka kayu. 
  5. Praktis dan mudah dipindah pindah (mobile), hanya perlu membuat pondasi pada keempat sisinya atau kadang dapat diletakkan langsung di tanah meski tidak dianjurkan dalam jangka panjang karena tanah yang lembab bisa menyebabkan korosi pada bagian bawah container.
  6. Merupakan investasi jangka panjang yang lebih ekonomis jika membeli container office dibandingkan dengan membuat kantor sementara dari bahan kayu yang dipakai hanya seumur proyek. Jika tidak digunakan masih dapat dijual lagi.  
Demikian sedikit ulasan tentang container office, semoga bermanfaat ...!

Back To Top