Penggantian (Total Replacement) Unit Lift Pada Bangunan Gedung Bertingkat

Lift atau elevator merupakan salah satu komponen penting dalam bangunan gedung bertingkat yang mempengaruhi mobilitas penghuni gedung tersebut. Perawatan berkala untuk unit lift mutlak sangat diperlukan agar lift tersebut selalu dalam kondisi yang baik, dapat melayani penumpang dengan aman dan nyaman.

Simak juga ulasan tentang lift dalam artikel rumahmaterial.com sebelumnya Lift Untuk Transportasi Vertikal Dalam Bangunan.

Shaft Lift

Tetapi sampai tahap tertentu kadang lift perlu diganti dengan yang baru karena sering bermasalah. Sebelum memutuskan apakah unit lift perlu diganti atau tidak diperlukan pemeriksaan dari kondisi unit lift eksisting secara mendalam pada beberapa faktor, antara lain :
  1. Seberapa sering terjadi breakdown unit lift tersebut?
  2. Bagaimana kondisi dari kehandalan komponen peralatan lift yang ada?
  3. Apakah perbaikan akan mengembalikan kondisi / performa unit lift tersebut?
  4. Berapa biaya dan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan perbaikan?
  5. Apakah teknologi lift yang ada sudah ketinggalan jaman?
Jika ternyata untuk perbaikan membutuhkan biaya yang besar, waktu yang lama, dan dengan kondisi saat ini sepertinya sudah tidak mungkin untuk mengembalikan performa lift 100% maka sebaiknya dilakukan penggantian lift/elevator terssebut secara total.

Penting untuk diperhatikan adalah jika akan dilakukan penggantian total seluruh lift yang ada di suatu bangunan gedung agar dilakukan secara bertahap, tujuannya tentu supaya tetap ada unit lift yang dapat melayani penumpang.

Secara garis besar item pekerjaan penggantian unit lift terdiri dari 4 (empat) bagian besar yang dapat diuraikan sebagai berikut :

1. Persiapan

Pertama dilakukan pekerjaan persiapan seperti pembuatan kantor dan gudang sementara, pemasangan proteksi di area entrance lift, instalasi listrik kerja, serta menyiapkan kebutuhan alat keselamatan kerja dan alat untuk melaksanakan pekerjaan.

Selain itu perlu dilakukan juga koordinasi dengan pihak terkait tentang tata cara pengiriman / jadwal dan tempat penyimpanan sementara untuk peralatan.

2. Pekerjaan Sipil

Pekerjaan ini umumnya meliputi pekerjaan pembongkaran lantai ruang mesin lift jika diperlukan, membuat lantai ruang mesin baru, memasang hoisting hook, pekerjaan separator beam jika diperlukan, perapihan area entrance lift, dan pekerjaan wide jamb.

3. Pekerjaan Mekanikal Elektrikal

Untuk pekerjaan mekanikal elektrikal umumnya adalah menyesuaikan panel listrik untuk lift dengan spesifikasi lift baru. Jika perlu, panel listrik khusus untuk supply daya listrik ke lift akan diganti / disesuaikan

4. Pekerjaan Penggantian Unit Lift

Pembongkaran lift eksisting dilakukan dengan hati-hati, setelah dibongkar material lift eksisting akan dipacking dan dikirim ke gudang pemilik gedung.

Selanjutnya baru dilakukan pemasangan lift baru setelah dilakukan pengecekan struktur opening dan shaft lift, material dan peralatan lift juga sudah sampai di lokasi.

Demikian sedikit ulasan tentang Penggantian (Total Replacement) Lift / Elevator, semoga bermanfaat bagi Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel