Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Lift Untuk Transportasi Vertikal Dalam Bangunan

Lift atau Elevator merupakan alat untuk transportasi vertikal dalam bangunan yang digunakan orang (lift passenger) dan barang (lift service). Lift Biasa digunakan untuk bangunan gedung tinggi, tetapi kadang ada juga rumah tinggal yang menggunakan lift untuk transportasi vertikal dalam rumahnya. Tentunya hal tersebut menyesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan dana yang ada.

Memilih Produk Lift Atau Elevator Yang Tepat

Dalam memilih produk lift ada beberapa hal yang harus kita perhatikan antara lain yaitu : 
  1. Apa merek dan kualitas produk yang diinginkan? Merek dan negara asal produksi lift kadang turut menentukan kualitas produk lift tersebut. Selain itu jangan lupa cari tahu tentang after sales service merek bersangkutan karena biasa kontrak service lift dilakukan dengan pihak pemegang merek produk lift tersebut. 
  2. Berapa jumah orang dan jumlah lantai yang dilayani? Dari data ini akan didapatkan berapa Kapasitas dan kecepatan lift yang diperlukan. Tentunya ini akan membutuhkan perhitungan dengan rumus tertentu. Kapasitas biasanya dalam satuan berat atau kg karena kalau jumlah orang kadang tidak ada ukuran pastinya.
  3. Apakah ada fitur khusus yang diinginkan? Karena kadang masing-masing merek lift memiliki fitur tambahan yang berbeda-beda.
Selain dari jawaban pertanyaan tersebut dan beberapa langkah perhitungan dan ketentuan serta peraturan bangunan gedung maka kita akan mendapatkan jumlah unit lift yang diperlukan dan kapasitas, kecepatan, serta spesifikasi teknis lift yang sesuai, kami tidak membahas tentang hal tersebut karena terlalu teknis.

Lift atau Elevator
Lift atau Elevator

Biaya Pemasangan Lift Yang Harus Diperhitungkan

Untuk perhitungan biaya pekerjaan lift, biasanya unit lift dan instalasi atau pemasangannya termasuk dalam lingkup pekerjaan pihak supplier lift. Tetapi ada beberapa pekerjaan pendukung yang biasanya belum termasuk oleh supplier lift yaitu :
  1. Pembuatan shaft lift dan pit lift. Untuk dinding shaft lift biasa menggunakan pasangan bata ringan sedangkan pit lift yang terletak di bagian paling bawah atau dasar terbuat dari bahan beton bertulang.
  2. Pekerjaan separator beam atau balok separator biasanya menggunakan material baja profil WF dengan finish zinchromate yang dipasang setiap jarak tertentu. Umumnya separator beam dipasang di tengah antara suatu lantai dengan lantai atasnya. 
  3. Pekerjaan dinding lobby lift, biasanya menggunakan material marmer atau granit alam, sesuai dengan desain arsitektur bangunan tersebut.
  4. Pekerjaan finishing lantai lift, pada lantai car lift atau kabin lift biasanya belum termasuk finishing arsitekturnya yang umumnya pada lift penumpang bangunan perkantoran menggunakan lantai granit alam.
Kadang pemesanan lift memakan waktu yang lama, bisa mencapai waktu 6 bulan dan tambahan lagi 1 bulan untuk melakukan instalasi atau pemasangan tetapi itu hanya sebagai gambaran saja karena lamanya produksi dan pengiriman lift tergantung juga dengan merek, tipe, dan negara asal yang memproduksi lift tersebut.

Sehingga dari awal proyek harus sudah melakukan pemesanan sesuai dengan spesifikasi lift yang dibutuhkan agar dapat dipasang tepat waktu.

Saat ini di Indonesia banyak terdapat tipe dan merek lift yang dapat dipilih mulai dari produk lokal seperti merek Louser dan produk global seperti merek Mitsubishi, Otis, Kone, Schindler, Sigma, Hyundai,  dan lain-lain.

Demikian artikel singkat kami tentang Lift Untuk Transportasi Vertikal Dalam Bangunan, semoga bermanfaat bagi Anda.

Back To Top