Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Curing Compound Untuk Perawatan Beton

Sebelumnya rumahmaterial.com pernah membahas tentang apa saja yang perlu dilakukan selama pelaksanaan pekerjaan struktur beton. Silahkan simak artikel 8 Tahapan pelaksanaan Pekerjaan Konstruksi Beton

Dari 8 tahapan tersebut, salah satu tahapan yang penting setelah pengecoran beton adalah tahapan curing atau perawatan beton. Curing atau perawatan beton adalah proses yang bertujuan untuk menjaga agar beton tidak terlalu cepat kehilangan air, atau menjaga kelembaban dan suhu beton, segera setelah proses finishing beton selesai dan waktu total setting tercapai.

Secara garis besar tujuan curing beton adalah untuk memastikan proses pengikatan awal berlangsung optimal sehingga mutu beton dapat tercapai dan untuk mencegah muai susut pada beton yang dapat menyebabkan retak.

Biasanya curing atau perawatan beton pada pelaksanaan proyek konstruksi dilakukan dengan beberapa macam cara yang dapat dipilih, antara lain:
  1. Membasahi permukaan beton dengan air secara berkala supaya selalu lembab selama masa perawatan 
  2. Merendam beton dengan air atau menggenangani permukaan beton
  3. Menutup permukaan beton dengan karung basah yang secara berkala disiram dengan air selama masa perawatan.
  4. Menggunakan material khusus untuk perawatan beton (curing compound)
Curing compound adalah material berbahan dasar synthetic rubber yang ditambah pelarut dan bahan-bahan yang lain untuk melindungi beton selama masa pengikatan awal dari kehilangan air akibat panas matahari maupun angin dari udara bebas.

Penyemprotan Curing Compound

Umumnya curing compound mengering dalam waktu singkat dan membentuk lapisan tipis sehingga melindungi beton dari hujan karena bersifat kedap air dan penguapan berlebihan selama proses pengikatan awal.

Curing compound diaplikasikan pada beton yang baru dicor setelah air yang terlepas (bleeding) menguap dengan cara disemprotkan menggunakan pompa penyemprot (seperti yang digunakan untuk menyemprot hama di perkebunan), kuas roll, atau dituang begitu saja dan diratakan. Untuk pekerjaan pengecoran dan plesteran selanjutnya harus dilakukan setelah mengikis lapisan curing compound tersebut secara mekanis.

Curing compound dapat dilewati orang dan bersifat kedap air setelah sekitar 2 jam dari waktu aplikasinya. Salah satu produk curing compound adalah Ultrachem Cure SB.

Demikian sedikit ulasan tentang produk curing compound yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat...!

Back To Top