Apa Saja Yang Mempengaruhi Biaya Pekerjaan Pembesian Besi Tulangan Beton?

Faktor Biaya Pembesian Tulangan Beton

Rumahmaterial.com - Dalam pelaksanaan pekerjaan konstruksi beton bertulang, pekerjaan pembesian merupakan salah satu pekerjaan utama dengan komponen biaya yang paling besar jika dibandingkan dengan pekerjaan pengecoran beton dan pekerjaan bekisting beton. 

Tetapi sebenarnya apa saja yang mempengaruhi biaya pekerjaan pembesian besi tulangan pada konstruksi beton?

Seperti terlihat dalam analisa harga satuan pekerjaan pembesian, secara garis besar ada 3 komponen  yang sangat mempengaruhi biaya pekerjaan pembesian besi tulangan, yaitu material, upah, dan alat bantu.

Material Pekerjaan Pembesian

Material utama untuk pekerjaan pembesian adalah besi beton atau besi tulangan dan kawat beton. Untuk besi beton harus diperhatikan kualitas dan ukuran yang digunakan apakah sesuai dengan spesifikasi dan gambar rencana struktur yang ditentukan.

Menggunakan besi beton dengan kualitas rendah akan sangat berpengaruh terhadap biaya material, tetapi jangan lupa bahwa itu akan berpengaruh terhadap kekuatan struktur beton bertulang secara keseluruhan.

Simak juga artikel rumahmaterial.com sebelumnya yang membahas tentang Pembesian Tulangan Beton, Apa Yang Harus Diperhatikan?

Sedangkan untuk material kawat beton pernah kami bahas dalam artikel Kawat Beton / Kawat Bendrat Untuk Pengikat Pembesian Beton Bertulang.

Upah Pekerjaan Pembesian

Biaya upah pekerjaan pembesian meliputi :

  1. Upah untuk menurunkan besi dari truck pengiriman dan melakukan mobilisasi ke tempat penyimpanan.
  2. pah potong dan bengkok besi sesuai dengan tulangan pada gambar rencana.
  3. Upah mobilisasi ke lokasi pekerjaan pembesian.
  4. Upah perakitan besi di lokasi pekerjaan.

Selain itu upah pekerjaan pembesian yang biasa diperhitungkan dalam satuan kg akan sangat bergantung dari diameter besi yang dipakai.

Untuk proyek besar yang menggunakan besi beton berukuran besar biasanya upahnya bisa lebih murah jika dibandingkan dnegan proyek pembangunan rumah tinggal yang ukuran besinya diameter kecil.  

Alat bantu Pekerjaan Pembesian

Untuk alat bantu pekerjaan pembesian yang utama adalah bar cutter dan bar bender untuk pekerjaan potong dan bengkok besi tulangan, terutama untuk proyek skala besar. 

Biasanya bar cutter dan bar bender diperhitungkan biaya sewa alat, dimana juga akan sangat dipengaruhi oleh volume besi tulangan yang dikerjakan.

Semakin banyak volume besi tulangan akan semakin murah biaya untuk alat bantu ini, karena perhitungannya dari total biaya sewa alat dibagi dengan volume besi tulangan. 

Demikian sedikit ulasan rumahmaterial.com tentang faktor-faktor yang mempengaruhi biaya pekerjaan pembesian besi tulangan beton. 

Dengan mengetahui faktor-faktor tersebut maka kita akan dapat melakukan pengendalian biaya dengan lebih baik lagi, terutama pada pekerjaan pembesian yang merupakan komponen biaya yang paling besar dalam pelaksanaan pekerjaan konstruksi beton.

Posting Komentar untuk "Apa Saja Yang Mempengaruhi Biaya Pekerjaan Pembesian Besi Tulangan Beton?"