Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Pembesian Tulangan Beton, Apa Yang Harus Diperhatikan?

Pembesian tulangan beton bertulang merupakan salah satu komponen utama pekerjaan struktur beton yang menentukan kekuatan dan kualitas struktur beton tersebut secara keseluruhan. Untuk memastikan apakah pelaksanaan pembesian tulangan yang menggunakan material besi beton tersebut benar dan sesuai gambar rencana serta persyaratan yang ditetapkan atau tidak ada dua hal yang harus diperhatikan yaitu material besi betonnya dan proses pelaksanaan pembesiannya.

Material Besi Beton Harus Dipilih Yang Berkualitas Baik

  1. Pilihlah material besi beton berkualitas, kalau mau gampang pilih merek yang sudah terkenal seperti besi beton Krakatau Steel (KS), Cakratunggal Steel (CS), Master Steel (MS), atau merek lain yang sudah teruji kualitasnya. Untuk daftar beberapa merek dan supplier besi beton simak artikel kami sebelumnya tentang Daftar Supplier Besi Beton.
  2. Secara fisik, pastikan besi beton yang dikirim bebas karat / korosi.
  3. Pastikan besi beton berdiamater full sesuai ukuran, kalaupun ada toleransi paling sekitar 0,2 mm jika toleransinya lebih dari itu sebaiknya dihindari.
  4. Minta sertifikat dari pabrikan besi beton dan lakukan test tarik untuk menguji mutu material besi beton.
  5. Pastikan panjang besi beton sesuai ukuran standar 12 m karena umumnya besi beton dijual per batang di toko material.
Tetapi umumnya untuk pemakaian proyek rumah tinggal hanya dipastikan merek material besi beton dan diameternya apakah full atau tidak serta panjangnya sesuai standar atau tidak.

Pembesian Besi Tulangan
Pembesian Besi Tulangan

Pekerjaan Pembesian Harus Dilakukan Dengan Benar

Acuan untuk pelaksanaan pembesian adalah gambar perencanaan struktur yang dibuat konsultan perencana. Sebelum dilakukanpekerjaan pembesian biasanya pihak kontraktor akan membuat shop drawing untuk pekerjaan tersebut berdasarkan gambar perencanaan, dan khusus untuk pekerjaan pembesian biasanya dibuat bar bending schedule atau daftar potong bengkok besi untuk menghitung pemakaian besi tulangan secara efektif dan efisien.

Untuk penjelasan masalah shop drawing dapat disimak pada artikel kami sebelumnya tentang Mengenal Shop Drawing Dan As Built Drawing.

Dalam pelaksanaan pembesian terdapat beberapa hal yang harus dicek yaitu :
  1. Apakah diameter besi tulangan sudah benar?
  2. Apakah jarak antara besi tulangan sudah benar?
  3. Apakah jumlah besi tulangan sudah sesuai?
  4. Apakah posisi besi tulangan sudah benar?
  5. Pastikan panjang penyaluran sambungan beton minimum 40 d (40 x diameter besi)
Dengan memastikan penggunaan material besi beton berkualitas baik dan pelaksanaan pekerjaan pembesian beton dilakukan dengan benar sesuai gambar shop drawing dan gambar perencanaan maka akan dihasilkan struktur beton bertulang yang kuat dan berkualitas baik.

Back To Top