Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Jangan Lupakan Kolom Balok Praktis Pasangan Dinding

Kolom dan balok praktis merupakan struktur pendukung pasangan dinding berupa kolom dan balok beton berukuran 11 x 11 cm, 13 x 13 cm, 15 x 15 cm atau ukuran lain menyesuaikan dengan ketebalan dinding yang dibuat setiap jarak sekitar 3 m x 3 m atau pada sudutan pertemuan antar dinding dan opening pintu dan jendela.

Kolom dan balok praktis berfungsi sebagai pengikat pasangan dinding agar tetap kokoh dan stabil dan tidak mengalami keretakan.

Kolom dan balok praktis umumnya menggunakan beton dengan mutu K-175 atau beton sitemix dengan adukan 1 semen : 2 pasir : 3 kerikil dengan besi tulangan utama 4 dia. 10 mm dan sengkang dia. 8 mm setiap 200 mm. Atau selain itu bisa juga mengikuti desain perencanaan yang dibuat oleh konsultan perencana.
Kolom Dan Balok Praktis
Ilustrasi Kolom Dan Balok Praktis Pada Pasangan Dinding
Untuk pembesian tulangan kolom praktis kadang ada juga yang menggunakan material pembesian kolom praktis dari pabrikan. Jadi sudah diproduksi dalam bentuk tulangan kolom yang dilas menjadi satu kesatuan. Keuntungan menggunakan tulangan kolom praktis produksi pabrikan adalah lebih cepat dan praktis karena tidak perlu merangkai pembesian di lapangan. Tinggal dipotong sesuai panjang yang dibutuhkan lalu dipasang. 

Dalam perhitungan RAB khususnya untuk biaya pekerjaan pasangan dinding pekerjaan kolom dan balok praktis tidak boleh dilupakan. Item ini bisa diperhitungkan ke dalam analisa harga satuan pekerjaan pasangan dinding atau dengan memunculkan item pekerjaan  tersendiri yaitu kolom dan balok praktis yang bisa dihitung dalam satuan m’ atau m3.

Untuk pendekatan perhitungan berapa biaya kolom praktis dalam pekerjaan pasangan dinding, kita bisa memperhitungkan kolom dan balok praktis sepanjang 0,67 m' untuk setiap 1 m2 pasangan dinding. Dari mana asal asumsi perhitungan tersebut? Asumsinya adalah setiap pasangan dinding berukuran 3 m x 3 m = 9 m2 akan membutuhkan 3 m + 3 m = 6 m kolom dan balok praktis.

Tetapi pendekatan tersebut tidak berlaku untuk pasangan dinding dengan opening pintu dan jendela yang banyak dan berukuran besar. Untuk kondisi ini kita harus memperhitungkan kolom dan balok praktis secara tersendiri karena kalau menggunakan pendekatan di atas maka akan kurang jumlah volume kolom dan balok praktis yang harus diperhitungkan. 

Jangan lupa simak juga artikel rumahmaterial.com sebelumnya yang membahas tentang Metode Pelaksanaan Pekerjaan Pasangan Dinding Bata Merah.

Demikian sedikit ulasan tentang kolom dan balok praktis untuk pasangan dinding yang dapat rumahmaterial.com sampaikan, semoga bermanfaat…!

Back To Top