Waterproofing Integral, Solusi Untuk Struktur Beton Yang Kedap Air

Cor Beton integral Waterproofing

Rumahmaterial.com - Pada pelaksanaan proyek konstruksi kita sering menjumpai item pekerjaan waterproofing integral dalam pekerjaan struktur beton.

Apa itu waterproofing Integral? 

Waterproofing integral adalah salah satu tipe waterproofing yang sering digunakan untuk membuat struktur beton bertulang yang kedap air dengan cara mencampur material beton dengan material pencampur / admixture. 

Integral waterproofing dapat digunakan pada struktur beton pelat lantai dan dinding basement, kolam renang, atap beton, ground tank, dan lain-lain.

Apa keunggulan waterproofing integral? 

Terdapat paling tidak 4 keunggulan penggunaan waterproofing integral, yaitu:

  1. Bersifat kedap air (water tight) sehingga air tidak bisa merembes.
  2. Meningkatkan workability beton.
  3. Mudah dan cepat aplikasinya.
  4. Dari segi biaya relatif ekonomis.

Contoh produk waterproofing integral

Terdapat beberapa merek dan tipe produk waterproofing integral yang sering digunakan di proyek-proyek konstruksi antara lain :

MerekTipe
SIKAViscocrete 3115 N
FOSROC     Conplast WP 421, Conplast X 421 M            

Bagaimana aplikasi material waterproofing integral?

  • Sebelum dicampur material waterproofing beton readymix harus ditest slump terlebih dahulu dengan syarat nilai slump sekitar 10 +/- 2 cm. 
  • Aplikasi waterproofing integral dilakukan dengan cara mencampur material waterproofing integral ke dalam truck mixer di lokasi proyek.
  • Setelah itu pengaduk diputar selama kira-kira 3 menit untuk memastikan material waterproofing integral tercampur sempurna dengan material beton. 
  • Untuk dosis campuran waterproofing integral harus mengikuti spesifikasi dari pabrikan.
  • Umumnya dosis waterproofing integral berkisar di 1,5 – 4 liter / m3 beton readymix. Tetapi dosis yang sebenarnya harus melalui uji di lapangan.
  • Setelah dilakukan pencampuran integral waterproofing dilakukan lagi test slump dengan syarat nilai slump 14 – 18 cm.
  • Untuk penggunaan waterproofing integral mutu beton readymix yang digunakan biasanya dipersyaratkan minimal mutu K-350.
  • Untuk area dinding vertical, sebaiknya menggunakan selang berdiameter besar untuk menghindari jatuh bebas yang terlalu tinggi.
  • Menggunakan concrete vibrator untuk proses pemadatannya yang jumlahnya harus seimbang dengan volume serta kecepatan pengecoran.
  • Bekisting harus anti bocor terutama pada bagian sambungan dan pertemuan dengan beton lama.
  • Pengecoran beton harus dilakukan terus menerus dan tidak terputus lebih dari 1 jam, jika terputus harus dilakukan penyambungan dengan waterstop.
  • Setelah dilakukan pekerjaan pengecoran beton seperti biasa dilakukan pekerjaan perawatan beton (curing beton). 
  • Bisa dilakukan dengan menutup permukaan beton dengan karung basah atau bisa juga menggunakan cairan curing compound

Bagaimana perhitungan biayanya?

Dalam perhitungan biaya kadang waterproofing integral disajikan menjadi satu dengan item beton, misalnya disebutkan item cor beton K-350 dengan waterproofing integral. 

Atau ada juga yang disajikan dalam item terpisah waterproofing integral dengan satuan m3 yang volumenya sama dengan volume pekerjaan pengecoran beton.

Posting Komentar untuk " Waterproofing Integral, Solusi Untuk Struktur Beton Yang Kedap Air"