Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

6 Item Pekerjaan Area Tangga Darurat

Setiap gedung bertingkat pasti mempunyai tangga darurat karena merupakan syarat keselamatan pada suatu bangunan. Untuk pekerjaan struktur mungkin sama saja dengan area yang lain, tetapi untuk pekerjaan arsitektur terdapat paling tidak terdapat 6 item pekerjaan seperti rumahmaterial.com bahas di bawah ini.

1. Finishing Trap Tangga dan Step Nosing

Untuk finishing trap tangga umumnya menggunakan keramik lantai atau menggunakan screed lapis floor hardener. Sedangkan step nosing paling sering menggunakan step nosing keramik tile, biasa berukuran 10x30 cm. Apa itu step nosing? silahkan simak artikel : Mengenal Plint Lantai, Border, Dan Step Nosing

2. Railing Tangga

Untuk menunjang dari segi keselamatan, tangga darurat dilengkapi dengan railing dan handrailing. Railing dan hand railing tangga biasa menggunakan bahan pipa black steel finish cat seperti dalam artikel sebelumnya pernah kami bahas Railing Tangga Pipa Besi Finish Cat.


Untuk mengetahui cara perhitungan volume finishing dan railing tangga darurat silahkan simak artikel  : Cara Hitung Volume Finishing Dan Railing Tangga.

3. Finishing Expose Beton

Seperti pernah kami bahas dalam artikel : Mengenal Plafon Beton Expose, Finishing expose beton diaplikasikan pada area samping dan bawah tangga dan area plafon beton expose. 

4. Cat Dinding dan Plafon Expose 

Untuk pengecatan dinding dan plafon menggunakan cat acrylic emulsion atau cat dinding biasa. Jangan lupa untuk pengecatan sisi samping dan bawah tangga.

5. Pintu Besi Tahan Api (Fire Door)

Pintu untuk menuju area tangga darurat menggunakan pintu besi tahan api (fire door) bukan pintu besi biasa. Pintu fire door ini berfungsi untuk mencegah penyebaran api dan asap ke dalam area tangga darurat.

Lebih lanjut mengenai fire door dapat disimak dalam artikel Fire Door Untuk Pintu Area Tangga Darurat Gedung Bertingkat 

6. Lampu Emergency

Lampu ini berfungsi sebagai penerangan dalam kondisi gelap dan jika area tangga tidak mendapat cahaya dari luar. Meski kadang ada juga yang menggunakan lampu biasa, tetapi lebih baik menggunakan lampu emergency yang menggunakan battery, sehingga jika listrik sampai padam, lampu masih tetap bisa menyala.

Demikian 6 item pekerjaan yang biasanya ada di area tangga darurat, dengan mengetahui item-item pekerjaan tersebut semoga jika kita menghitung BQ untuk pekerjaan tersebut tidak ada yang tertinggal atau lupa dihitung.

Back To Top