Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Mengenal Plint Lantai, Border, Dan Step Nosing

Untuk pekerjaan lantai bangunan baik itu menggunakan keramik tile, homogenous tile, marmer, atau granit sekalipun hampir selalu ada yang namanya plint lantai, border, dan stepnosing. Ketiga item ini sebenarnya sering kita lihat tetapi mungkin tidak begitu kita perhatikan.

Apa yang dimaksud dengan plint lantai, border, dan step nosing tangga?
Plint lantai atau skirting adalah bidang pembatas antara lantai dan dinding. Umumnya plint lantai dibuat pada dinding 10 cm sampai 15 cm dari lantai. Fungsi dari plint lantai adalah untuk menjaga dinding tetap bersih dari gesekan benda-benda serta untuk mencegah debu dan kotoran berkumpul pada sudut pertemuan dinding dan lantai sehingga mudah dibersihkan.

Plint Lantai Kayu
Plint Lantai Kayu
Plint lantai umumnya menggunakan bahan yang sama dengan lantainya (misalnya lantai keramik 30 x 30 cm maka plintnya juga keramik mungkin dengan ukuran 10 x 30 cm), tetapi kadang ada juga yang menggunakan pelat stainless steel, kayu solid atau kayu olahan (MDF), atau ada juga yang hanya menggunakan cat dengan warna yang lebih gelap dari cat dindingnya (bisa cat tembok biasa atau cat minyak).

Border biasa digunakan sebagai pembatas untuk dua area ruang yang berbeda ukuran material, corak, maupun jenis material lantai atau dinding. Misalnya lantai kamar menggunakan keramik 40x40 sedangkan lantai koridor menggunakan keramik 60x60 maka biasanya pada pertemuan material yang berbeda ukuran tersebut (pada kasus ini anggap saja di pintu) dipasang border lantai agar terlihat rapi.

Sedangkan step nosing biasanya dipasang pada ujung trap tangga agar tangga tidak licin / anti selip selain itu step nosing juga biasanya tumpul pada bagian ujungnya sehingga melindungi pengguna dari sudutan trap tangga. Step nosing ini materialnya ada beberapa macam, antara lain :
  1. Produk step nosing khusus dari merek lantai yang sama, 
  2. Produk material lantai yang digrooving (dicoak sedikit) tiga atau empat garis pada saat pelaksanaan pekerjaan lantai tangga.
  3. Menggunakan lis karet yang dilem pada ujung anak tangga
  4. Menggunakan profil stainless steel atau profil aluminium
Step Nosing
Step Nosing
Biasanya plint lantai, border, dan step nosing tangga dihitung dalam satuan m’. Selain fungsi utamanya plint, border, dan step nosing juga menunjang dari segi arsitektur yang menambah keindahan lantai.

Back To Top