Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Railing Tangga Pipa Besi Finish Cat

Railing tangga merupakan salah satu penunjang keselamatan area tangga. Bahan atau material railing tangga ada beberapa macam. Apa material railing yang dipilih sangat tergantung dari lokasi atau peruntukannya dan desain arsitektur bangunan tersebut seperti misalnya apakah menggunakan railing dari bahan besi, besi tempa, stainless steel, kayu, kombinasi kaca dan stainless steel, kombinasi kayu dan besi.

Pada kesempatan ini rumahmaterial.com akan mencoba mengulas tentang railing tangga, khususnya yang terbuat dari bahan pipa besi. Umumnya railing tangga dari bahan pipa besi digunakan pada area bangunan yang tidak terlalu mementingkan sisi estetika misalnya pada area tangga darurat gedung bertingkat, meski kadang digunakan di area lain juga.

Railing Tangga Pipa Besi Finish Cat
Railing Tangga Pipa Besi Finish Cat
Komponen railing tangga dari bahan pipa besi secara garis besar ada dua yaitu hand railing dan tiangnya. Material yang sering digunakan adalah pipa besi hitam atau black steel dengan ukuran diameter 2” untuk hand railing dan ukuran diameter 1.5” untuk tiangnya. 

Nantinya railing pipa besi akan difinish dengan cat minyak atau cat besi yang sering ditulis dengan finish op (oil paint). Kadang ada juga yang menggunakan finish cat duco, tetapi tentu lebih mahal harganya.

Kadang pada sisi yang langsung berbatasan dengan dinding tidak dipasang railing, tetapi ada juga yang tetap memasang hand railing tanpa tiang pada dinding tersebut. 

Railing pipa besi finish cat biasa dihitung panjangnya dalam satuan m’. Jangan lupa simak juga artikel rumahmaterial.com tentang Cara Hitung Volume Finishing Dan Railing Tangga.

Untuk harga pipa besi finish cat sangat bervariasi karena tergantung dari dimensi pipa yang digunakan, berapa diameternya, berapa tebalnya, dan desain railingnya misalnya berapa jarak tiangnya dan jarak rangka pembagi atau perkuatannya. 

Bagaimana cara pelaksanaan pekerjaan railing? Pelaksanaan pekerjaan railing dilaksanakan dengan urutan yang dapat diuraikan seperti di bawah ini : 
  1. Pertama dilakukan pengukuran dan penetuan titik lokasi tiang railing.
  2. Pasang tiang railing atas dan bawah.
  3. Pasang hand railing dan tiang tengah.
  4. Pasang komponen railing yang lain seperti rangka pembagi / perkuatan.
  5. Haluskan bagian yang dilas degan menggunakan amplas.
  6. Finish dengan cat besi / cat minyak atau cat duco.
  7. Yang perlu diperhatikan adalah harus dicek dengan teliti apakah posisi tiang railing tidak miring dan benar-benar tegak.
Untuk peralatan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan pekerjaan railing besi antara lain : mesin las, mesin bor beton dan bor besi, mesin gerinda, dan amplas.

Demikian sedikit ulasan tentang railing tangga pipa besi finish cat yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi Anda.

Back To Top