Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Cara Hitung Volume Finishing Dan Railing Tangga

Tangga merupakan elemen bangunan untuk menghubungkan dua lantai yang berbeda untuk naik turun penghuninya. Secara umum tergantung dari strukturnya, tangga ada beberapa macam yaitu tangga beton, tangga baja, dan tangga kayu. Pada kesempatan ini rumahmaterial.com akan mencoba membahas hanya tentang item pekerjaan finishing dan perlengkapan tangga beton.

Untuk item pekerjaan finishing dan kelengkapan yang ada pada tangga beton adalah pasangan penutup lantai, stepnosing, dan railing tangga. Pekerjaan penutup lantai tangga bisa terdiri dari pasangan keramik tile, homogenous tile, marmer / granit, atau juga parket kayu tergantung dari desain arsitekturnya. Penutup lantai biasa dihitung berapa luasnya dalam satuan m2

Tangga Beton Finish Keramik
Contoh Tangga Beton Finish Keramik
Untuk step nosing biasa menggunakan bahan yang sama dengan penutup lantainya. Step nosing lantai dihitung berapa panjang totalnya dalam satuan m’. Penjelasan tentang step nosing tangga terdapat pada artikel rumahmaterial.com sebelumnya tentang Mengenal Plint Lantai, Border, dan Step Nosing

Railing tangga umumnya terbuat dari bahan kayu, besi, kaca tempered dan stainless steel, yang akan menyesuaikan dengan desain arsitektur bangunan. Pekerjaan railing tangga dihitung berapa panjang totalnya dalam satuan m’.

Apakah item pekerjaan finishing tangga dan perlengkapannya hanya itu? Sebenarnya ada lagi item pekerjaan finishing unit tangga yang mungkin sering dilupakan yaitu perapihan dengan finishing beton expose samping dan pelat bawah tangga yang biasanya dihitung berapa luasnya dalam satuan m2.

Back To Top