Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Rumah Sehat, Pencahayaan Cukup Dan Sirkulasi Udara Yang Baik

Salah satu ciri rumah yang sehat adalah cukupnya cahaya dan sirkulasi udara yang baik. Tetapi mungkin untuk rumah dengan ukuran lahan tidak terlalu luas yang terletak di kota besar hal tersebut agak sulit didapatkan. Mengapa?

Biasanya untuk perumahan baru mungkin sudah menggunakan desain yang lebih baik dengan ruang terbuka hijau di depan dan belakang rumah, sehingga cukup sirkulasi udara dan cahaya. Tetapi karena digunakan untuk ruang terbuka hijau atau taman maka ruang dalam rumah akan lebih kecil, mungkin sering dianggap tidak memaksimalkan lahan yang ada.

Sedangkan untuk perumahan tipe lama biasanya akan memaksimalkan lahan yang ada sehingga kadang kanan dan kiri bangunan rumah dibuat berhimpit dengan rumah tetangga. Hal tersebut menyebabkan letak jendela hanya bisa pada bagian depan atau tampak muka rumah tersebut. Inilah yang menyebabkan sirkulasi udara dan pencahayaan agak kurang baik.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membuat sirkulasi udara yang baik dalam rumah adalah dengan cara membuat ruang terbuka di sisi depan dan belakang bangunan, membuat jendela dengan ukuran yang cukup, dan menerapkan sistem ventilasi silang.

Bukaan jendela paling tidak 1/8 dari luas lantai, meski tergantung juga dari kecepatan angin dan jumlah penghuni rumah tersebut.

Bukaan menggunakan sistem ventilasi silang, yaitu 2 bukaan berupa pintu atau jendela pada sisi yang berbeda dalam suatu ruangan yang menarik udara segar memasuki bangunan dari satu sisi dan mendorong udara pengap keluar ruangan dari sisi lain. Sebaiknya tidak ada partisi pembatas atau furniture besar yang menghalangi sirkulasi udara antara kedua bukaan tersebut. Jika ternyata udara tidak bisa mengalir secara alami bisa dibantu dengan menggunakan exhaust fan.
Contoh penerapan Ventilasi Silang
Tetapi selain itu perlu diperhatikan juga kebersihan lingkungan untuk mencegah polusi udara masuk ke dalam rumah. Kalau bisa tanamlah pohon di depan rumah untuk menyaring polusi dan menambah keegaran udara yang masuk ke rumah.

Sedangkan untuk menambah pencahayaan bisa menggunakan lampu, selain itu kita dapat membuat skylight pada bagian atap. Dengan membuat skylight cahaya akan dapat masuk ke rumah pada siang hari sehingga rumah akan mendapatkan penerangan alami dan lebih hemat energi.

Demikian sedikit ulasan rumahmaterial.com tentang rumah yang sehat, yang sangat mendukung kesehatan dan kenyamanan penghuninya.

Back To Top