Sandblasting Pada Konstruksi Baja

Dalam pekerjaan konstruksi baja kadang ada yang menggunakan item pekerjaan sandblasting. Apa sih sebenarnya sandblasting itu?

Sandblasting merupakan persiapan permukaan profil baja sebelum dicoating (finish cat) dengan cara menembakkan abrasive material seperti pasir silica garnet, steel grit, steel shot, glassbead atau yang lainnya dengan tekanan tinggi.


Ada beberapa kegunaan sandblasting pada konstruksi baja antara lain:
  1. Membersihkan permukaan profil baja dari karat/korosi, tanah, minyak, garam, cat dan berbagai kontaminan yang lain.  
  2. Mengupas cat lama pada permukaan profil baja.
  3. Membuat permukaan baja profil menjadi kasar dan membuka pori-pori agar cat lebih meresap dan melekat kuat.
Sedangkan alat yang digunakan untuk pekerjaan sandblasting antara lain :
  1. Air Compressor, untuk menghasilkan tekanan tinggi yang konstan.
  2. Sand Blasting Machine.
  3. Alat Pelindung Diri seperti : baju khusus sandblasting, helm dan kaca sandblasting, ear plug, sarung tangan, dan sepatu safety.
Meski sebenarnya item pekerjaan sandblasting agak jarang dilakukan pada pekerjaan konstruksi baja yang sederhana seperti gudang dan pabrik yang umumnya hanya menggunakan finishing meni zinchromate dan finish cat enamel pada permukaan bajanya. Mengapa demikian?

Hal tersebut adalah karena harga pekerjaan sandblasting bisa jadi lebih mahal daripada harga finishing zinchromate dan cat finishnya sendiri. Padahal untuk finishing meni zinchromate dan cat enamel biasa tidak mengharuskan permukaan disandblasting terlebih dahulu.
Sandblasting profil baja biasa diperlukan untuk pekerjaan konstruksi baja khusus seperti pada konstruksi jembatan dimana catnya juga menggunakan cat khusus. 

Demikian sekilas ulasan tentang sandblasting dari rumahmaterial.com, semoga bermanfaat.  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel