Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

11 Keunggulan Penggunaan Partisi Gipsum

Partisi gipsum atau sering disebut Drywall merupakan dinding penyekat / pembatas ruangan yang umum digunakan di bangunan perkantoran. Partisi gipsum secara umum terdiri dari dua macam yaitu partisi gipsum 1 muka (rangka partisi+gipsum) untuk menutup permukaan dinding pasangan bata, dan partisi 2 muka (gipsum+rangka partisi+gipsum) yang berfungsi sebagai dinding pembatas antar ruangan.

Masing-masing partisi gipsum itu sendiri terdiri dari dua macam yaitu yang menggunakan insulasi (biasa menggunakan glasswool atau rockwool) dan tidak menggunakan insulasi.

Partisi Gipsum 2 Muka Rangka Metal Stud
Partisi Gipsum 2 Muka Rangka Metal Stud
Umumnya partisi gipsum menggunakan material papan gipsum 12 mm dengan rangka metal stud yang kuat, ringan, dan tahan karat. Mengapa partisi gipsum lebih sering dipilih untuk penyekat ruangan bangunan perkantoran? 
  1. Lebih fleksibel dari sisi desain perencanaan struktur, karena partisi gipsum bisa dipasang dimana saja (tidak harus berdiri di atas balok struktur), tidak seperti dinding pasangan bata yang harus berdiri di atas balok struktur. 
  2. Partisi gipsum lebih ringan dibandingkan dengan pasangan dinding bata maupun bata ringan. Sebagai perbandingan berat partisi gipsum 2 muka sekitar 30 kg/m2, sedangkan berat pasangan bata ringan sekitar 80 kg/m2, dan berat pasangan bata merah sekitar 250 kg/m2. 
  3. Karena bebannya lebih ringan maka secara otomatis akan menghemat biaya struktur bangunan secara keseluruhan. 
  4. Pemasangan partisi gipsum mudah dan cepat, selain itu memudahkan juga untuk pemasangan instalasi elektrikal, elektronik, dan pemipaan.
  5. konstruksinya kering dan bersih, serta material terbuang lebih sedikit.
  6. Hemat waktu pengangkutan material partisi gipsum yang lebih cepat dan pemasangannya juga lebih cepat dibandingkan pasangan dinding bata.
  7. Partisi gipsum menghasilkan permukaan dinding yang rapi dan bebas dari gelombang (tidak seperti plester aci yang bisa saja bergelombang). Karena itu kadang partisi gipsum 1 muka bisa berfungsi untuk menggantikan pekerjaan plester aci untuk pasangan dinding bata merah / bata ringan pada dinding dalam.
  8. Partisi gipsum lebih tahan gempa karena lebih fleksibel terhadap pergerakan gempa.
  9. Partisi gipsum mudah diperbaiki jika terjadi kerusakan.
  10. Tempat penyimpanan material gipsum lebih ringkas dan bersih.
  11. Jika ingin mengubah layout ruangan / pembagian ruangan maka pembongkaran bisa dilakukan dengan mudah, cepat, dan tidak terlalu menimbulkan debu / kotor.
Demikian sekilas ulasan rumahmaterial.com tentang11 Keunggulan Penggunaan Partisi Gipsum sebagai sekat ruang yang praktis dan ekonomis terutama untuk sekat ruang bangunan perkantoran. Semoga bermanfaat...!

Back To Top