Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

3 Faktor Yang Menentukan Hasil Finishing Lantai Epoxy Flooring

Epoxy Flooring merupakan finishing lantai yang sering digunakan untuk area parkir, gudang, pabrik, dan bangunan farmasi. Epoxy flooring yang tahan beban berat dan tidak mudah mengelupas juga membuat lantai tampak terang karena mengkilap dan bersih. 

Artikel tentang lantai epoxy flooring pernah rumahmaterial.com bahas pada artikel sebelumnya tentang Epoxy Flooring Finishing Lantai Yang Bersih Dan Indah dan Epoxy Flooring Atau Floor Hardener? Pilih Yang Mana?

epoxy flooring

Apakah hasil epoxy flooring selalu bermutu baik? Belum tentu juga, karena ada beberapa faktor yang menentukan. Apa saja faktor yang menentukan hasil pekerjaan epoxy flooring bermutu baik atau tidak? Simak ulasannya berikut ini.

Persiapan Permukaan Lantai (Surface Preparation)

Lantai yang akan dilakukan pekerjaan epoxy harus berupa lantai beton yang kuat menahan beban dengan mutu beton minimal K-225. Untuk lantai beton baru harus berumur minimal 28 hari dan kering sempurna / tidak lembab. Permukaan lantai beton harus halus, tidak kasar, dan tidak bergelombang. 

Jika ada kerusakan permukaan beton harus diperbaiki terlebih dahulu dengan cara grouting injeksi, grouting, atau beton instan yang dicampur bonding agent tergantung dari tingkat kerusakan beton yang ada seperti apa.

Menghilangkan sisa beton kering di permukaan dan membuka pori-pori beton menggunakan alat - alat seperti shotblast machine, scrifaying, grinding mesin yang bisa dihubungkan dengan vacum cleaner agar tidak menimbulkan debu berlebihan.  

Membersihkan permukaan beton dari minyak, oli, dan kotoran lainnya dengan air dan sabun. Setelah itu dibiarkan minimal 2x24 jam agar kering sempurna.

Material Epoxy Yang Digunakan

Gunakan material epoxy bermutu baik sesuai dengan petunjuk pemakaian dari pabrikan.  Campuran komponen epoxy harus tepat dan proses pengadukannya harus sempurna.


Pelaksanaan Pekerjaan Epoxy

Gunakan spike roller (roller bergerigi) untuk meratakan material epoxy dan menghilangkan atau memecah gelembung, lubang kecil, dan kantung gas/udara yang mungkin terjadi di dalam campuran komponen epoxy.

Selalu menjaga kebersihan lokasi dari debu dan serangga terbang seperti lalat, laron, nyamuk, dan lain-lain. Jika ada kotoran atau serangga yang jatuh ke lapisan epoxy yang masih basah harus segera dibuang dan dilapis kembali.

Masing-masing lapisan harus kering terlebih dahulu sebelum dilakukan pelapisan selanjutnya. Misalnya lapisan primer sudah selesai dilakukan, maka harus menunggu kering dulu baru dapat dilakukan pelapisan epoxy coating.  

Tidak menginjak lapisan epoxy dengan sol sepatu yang kasar sebelum benar-benar kering, minimal 12 jam baru bisa diinjak orang dengan sangat hati-hati. 

Demikian sedikit ulasan rumahmaterial.com tentang 3 Faktor Yang Menentukan Hasil Finishing Lantai Epoxy Flooring Bermutu Baik, semoga bermanfaat bagi Anda.

Back To Top