Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Epoxy Flooring Atau Floor Hardener? Pilih Yang Mana?

Untuk area parkir dalam bangunan terdapat dua jenis finishing lantai yang paling sering digunakan yaitu finish floor hardener dan finish epoxy flooring. Masing-masing jenis finishing tentunya mempunyai kelebihan masing-masing. 

Jangan lupa simak juga artikel rumahmaterial.com sebelumnya tentang Epoxy Flooring Finishing Lantai Yang Bersih Dan Indah.

Kelebihan finishing epoxy flooring untuk lantai area parkir antara lain adalah sebagai berikut : 
  1. Memiliki ketahanan abrasi yang baik terhadap beban mobil yang bergerak. 
  2. Permukaan lantai tampak mengkilap (gloss) dan bersih serta mudah dibersihkan karena tanpa sambungan / nat. 
  3. Tahan terhadap air dan bahan kimia yang umum yang berhubungan dengan otomotif, seperti oli, bensin/solar, bahan pembersih kaca, dan lain-lain. 
  4. Tersedia dalam beberapa pilihan warna standar seperti abu-abu, hijau, putih, merah, dan warna khusus sesuai kebutuhan. 
  5. Pelaksanaan finishing epoxy relatif mudah dan cepat. 
Bagaimana jika finishing epoxy flooring dibandingkan dengan finishing lantai floor hardener? Simak perbandingannya berikut ini. 

EPOXY FLOORING FLOOR HARDENER
Lantai Parkir Epoxy Flooring Lantai Parkir Floor Hardener
Warna yang cerah sehingga ruangan terkesan lebih terang dan mengurangi penggunaan lampu di area parkir sehingga lebih hemat listrik. Warna agak kusam sehingga ruangan terkesan lebih gelap.
Secara visual tampak lebih bersih dan tidak berdebu. Tampak kotor dan berdebu. 
Bisa menutup retak pada permukaan lantai beton.Tidak bisa menutupi retak / crack pada lantai beton. 
Pelaksanaan stetelah beton kering sempurna, ada ketentuan kelembaban yang dipersyaratkan. Pelaksanaan pada saat beton masih basah langsung ditabur floor hardener dan ditrowel.
Harga lebih mahal. Harga relatif lebih murah. 
Dapat langsung menjadi rambu-rambu atau penunjuk arah yang terang dan tahan lama. 

Dari perbandingan di atas dapat disimpulkan bahwa secara umum finishing epoxy flooring tentunya lebih baik jika dibandingkan dengan floor hardener. 

Kekurangannnya adalah pada sisi biaya karena finishing epoxy flooring lebih mahal daripada finishing floor hardener, bahkan bisa sampai sekian kali lipat. Meski begitu biaya tersebut sebanding dengan berbagai keunggulan yang ada. 

Demikian ulasan rumahmaterial.com tentang perbandingan antara epoxy flooring dan floor hardener untuk lantai area parkir gedung. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Back To Top