Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Jangan Lupakan 9 Item Pekerjaan Area Parkir Gedung

Salah satu fasilitas pokok gedung perkantoran adalah area parkir yang memadai. Sering karena terbatasnya lahan maka area parkir dibuatkan gedung khusus tersendiri.

Untuk pembangunan gedung parkir sendiri biasanya terdapat 9 item pekerjaan yang hampir pasti ada di area parkir gedung untuk perkantoran, mall, dan jenis bangunan yang lain seperti yang rumahmaterial.com uraikan di bawah ini.

9 Item Pekerjaan Area Parkir Gedung

1. Finishing Permukaan Lantai

Untuk lantai area parkir dapat menggunakan finishing floor hardener atau ada juga yang menggunakan finishing epoxy coating. Pilihan ada di pihak pengelola gedung tetapi umumnya mereka memilih finishing permukaan lantai dengan floor hardener dengan warna natural karena lebih ekonomis. 

2. Dinding Perimeter

Yang dimaksud dinding perimeter adalah dinding sekeliling area parkir, biasa dinding perimeter dibuat setinggi +/- 1 meter. Dinding perimeter area parkir biasanya dipersyaratkan dinding beton bertulang, bukan dari pasangan bata / bata ringan demi menjamin faktor keamanan. Masih ingat kasus mobil yang terjun bebas dari gedung parkir di lantai atas? Itulah salah satu akibat penggunaan pasangan bata untuk dinding perimeter area parkir, yang tidak bisa menahan laju mobil jika sampai menabraknya. 

Area Parkir Salah Satu Mall Di Jakarta 

3. Rambu-Rambu

Untuk kelancaran arus lalu lintas dan menghindari kecelakaan di area parkir perlu dipasang rambu-rambu atau penunjuk arah di area parkir. Dengan demikian mobil yang baru masuk dan tempat mencari parkir tidak bentrok dengan mobil yang akan keluar dari area parkir.

4. Marka Jalan dan Garis Batas Area Parkir

Cat marka jalan dan garis area parkir diperlukan agar area parkir lebih rapi dan efisien penggunaannya. Biasa cat marka jalan dan batas area parkir menggunakan cat khusus jalan / roadline sehingga lebih tahan lama dan tidak mudah mengelupas. Untuk perhitungan biasanya cat marka jalan dan garis batas parkir ini dihitung per m'. 

5. Garis Sersan Ramp

Biasa gedung parkir terdiri dari beberapa lantai. Untuk naik ke lantai atas kita melewati tanjakan yang sering disebut dengan ramp. biasa ramp dibuat pola garis-garis agar tidak licin. Garis-garis inilah yang disebut garis sersan. Pembuatan garis sersan secara umum ada 2 macam yaitu menggunakan rangka besi siku dan dicutting setelah beton jadi. Pembuatan garis sersan ramp biasa dihitung per m'.

6. Car Stopper

Yang dimaksud car stopper adalah tanggulan sebagai pengaman area parkir untuk tanda mobil harus berhenti. Car stopper bisa menggunakan kansteen yang diangkur ke lantai beton atau bisa juga menggunakan pipa besi ukuran 2" yang dibuat sesuai dengan desain yang ditentukan. Car stopper biasa dihitung per unit.

7. Corner Guard

Yang dimaksud corner guard adalah besi siku pengaman kolom beton area parkir, Biasa terbuat dari besi siku ukuran 60.60.5 finish cat minyak, setinggi 1 m lengkap dengan rangka dan angkur. Corner guard ini biasa dipasang pada sisi depan kolom saja jadi untuk 1 kolom ada 2 corner guard.

8. Gutter / Saluran Air Di Area Parkir

Biasanya dibuatkan gutter / saluran air di area gedung parkir dengan dibuat coakan pada beton lantai yang berukuran 10x20 cm dan difinish acian beton.

9. Fasilitas Penerangan 

Yang tak kalah penting adalah penyediaan instalasi penerangan dan lampu-lampu yang memadai untuk keamanan area parkir di malam hari.

Demikian 9 item pekerjaan di area parkir gedung yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda yang sedang merencanakan bangunan gedung parkir.

Back To Top