Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Material Dinding Bata Ringan

Bata Ringan Sebagai Material Pasangan Dinding
Rumahmaterial.com - Orang sering menyebut material ini dengan nama Hebel atau Celcon, padahal Hebel dan Celcon adalah salah satu nama merek produknya. 

Nama materialnya adalah beton ringan (Autoclaved Aerated Concrete disingkat AAC) atau sering disebut juga bata ringan

Apa Itu Material Bata Ringan?

Bata ringan merupakan material / bahan bangunan untuk pasangan dinding yang terbuat dari Adonan pasir silika, semen, kapur, serta bahan yang lainnya.

Ukuran standar bata ringan adalah panjang 60 cm x lebar 20 cm sedangkan untuk ketebalan bervariasi antara  7,5 cm, 10 cm, 12,5 cm, dan 15 cm. 

Saat ini di pasaran terdapat banyak sekali merek bata ringan antara lain : Jaya Celcon, Leitchbrick, Citicon, Powerblock, Thermoblock, dan masih banyak lagi merek dari supplier material bata ringan yang lain.

Apa Keunggulan Dinding Bata Ringan?

Keunggulan penggunaan dinding bata ringan adalah :
  1. Bata ringan Memiliki ukuran dan kualitas yang seragam sehingga dapat menghasilkan dinding yang rapi serta tidak memerlukan plesteran yang tebal.
  2. Bata ringan tidak memerlukan spesi / siar yang tebal sehingga menghemat penggunaan perekat.
  3. Bata ringan lebih ringan dari pada bata biasa sampai hampir separuhnya, sehingga memperkecil beban struktur yang pada akhirnya akan ada penghematan di struktur bangunan.
  4. Karena ringan, pengangkutan bata ringan lebih mudah dilakukan.
  5. Pelaksanaan pasangan dinding bata ringan lebih cepat daripada pemakaian bata biasa. Pelaksanaan pasangan bata merah umumnya hanya 6-12 m2/hari, sedangkan bata ringan bisa sampai 20 m2/ hari.
  6. Bata ringan bersifat kedap air, sehingga akan memperkecil kemungkinan terjadinya rembesan air.
  7. Bata ringan mempunyai ketahanan yang baik terhadap api sehingga tidak mudah terbakar cocok untuk dipasang pada core lift dan area tangga darurat. 
  8. Bata ringan dapat berfungsi sebagai insulasi panas sehingga suhu di dalam ruang tidak terlalu terpengaruh cuaca panas di luar dan sebagai insulasi suara karena mempunyai kekedapan suara yang baik.
Simak juga artikel sebelumnya tentang Fungsi Bata Ringan Selain Sebagai Pasangan Dinding.

Berapa Harga Material Bata Ringan?

Saat ini harga bata ringan di pasaran sekitar Rp. 600.000,- / m3 tergantung merek, volume pembelian, dan lokasi pengirimannya. Simak juga: Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Material Pekerjaan Pasangan Bata Ringan.

Mana Yang Lebih Murah? Pasangan Dinding Bata Ringan Atau Bata Merah?

Penggunaan bata ringan untuk pasangan dinding tampak lebih mahal daripada bata merah biasa, tetapi kita harus melihat secara keseluruhan bangunan. 

Dengan kecepatan pemasangannya yang akan menghemat biaya tukang, untuk upah borongan pekerjaan pasangan dinding bata ringan tentunya lebih murah jika dibandingkan dengan upah borongan pasangan dinding bata merah. 

Selain itu ada juga penghematan di struktur bangunan karena beban yang berkurang maka sebenarnya penggunaan bata ringan lebih ekonomis.

Posting Komentar untuk "Mengenal Material Dinding Bata Ringan "