Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Bata Merah Sebagai Material Pasangan Dinding

Bata merah adalah material untuk pasangan dinding yang sering digunakan untuk bangunan rumah tinggal. Bata merah terbuat dari tanah liat dan mineral-mineral lain yang dicetak dengan ukuran tertentu, kemudian dikeringkan dibawah sinar matahari. Setelah melewati proses pengeringan, bata merah dibakar dalam tungku untuk membuatnya kuat dan tahan lama. 

Di pasaran ukuran bata merah sangat beraneka ragam tergantung dari produsennya tetapi sebagai standar acuan ukuran satu buah bata merah adalah memiliki panjang  19 cm - 24 cm, lebar 9 cm - 12 cm, dan tebal  5 cm - 6 cm.

Bata Merah Sebagai Material Pasangan Dinding
Bata Merah Sebagai Material Pasangan Dinding
Sebaiknya kita tidak memilih material bata merah yang terlalu kecil karena akan lebih boros penggunaan material bata dan adukan spesi (semen dan pasir). Tetapi jangan juga memilih material bata merah yang terlalu besar karena akan mengurangi kekuatan pasangan dinding bata secara keseluruhan.

Apa keunggulan bata merah sebagai material pasangan dinding?

Paling tidak ada 6 keunggulan dari material bata merah yaitu :
  1. Relatif mudah dan cepat pemasangannya serta tidak memerlukan alat khusus.
  2. Mudah dalam pengangkutan materialnya karena ukuran tidak besar.
  3. Mudah untuk membentuk bidang dinding berukuran kecil.
  4. Harganya relatif murah dan mudah didapat.
  5. Tidak memerlukan perekat khusus, cukup dengan adukan semen dan pasir dengan komposisi tertentu.
  6. Memiliki ketahanan yang baik terhadap panas, sehingga dapat menjadi perlindungan terhadap api.

Bagaimana cara pemasangan dinding bata merah?

Sebelumnya rumahmaterial.com pernah membahas tentang hal tersebut dalam artikel Metode Pelaksanaan Pekerjaan Pasangan Dinding Bata Merah.

Bagaimana cara perhitungan harga satuan pasangan dinding bata merah?

Untuk cara menghitung harga satuan pasangan dinding bata merah pernah kami sampaikan dalam artikel Analisa Harga Satuan Pasangan Dinding Bata Merah.

Bagaimana cara memilih bata merah berkualitas baik?

Berikut ini kami bagikan 6 tips untuk memilih bata merah berkualitas baik sebagai berikut :
  1. Perhatikan jumlah bata merah yang pecah. Pada tumpukan bata di lokasi penjualan tidak banyak bata merah yang pecah atau hancur dan setelah diturunkan dari truk pengiriman juga tidak banyak yang pecah. 
  2. Perhatikan ukurannya. Pilihlah bata merah dengan ukuran yang standar seperti sudah kami sampaikan dan pastikan ukurannya seragam, tidak besar kecil.
  3. Perhatikan bentuknya. Bata merah yang baik berbentuk persegi panjang dan siku-sikunya tajam, tidak melengkung, permukaannya halus, dan tidak retak, serta tidak mudah tergores terutama oleh goresan kuku.
  4. Perhatikan bunyinya. Bata merah berkualitas baik akan berbunyi nyaring jika antara dua bata merah dibenturkan (tetapi jangan terlalu keras membenturkannya)
  5. Perhatikan warnanya. Pilihlah bata merah yang berwarna merah terang, tidak kehitaman. Pastikan warna merahnya merata jika dibelah, ini menandakan bata merah matang sempurna pada saat pembakaran.
  6. Perhatikan umurnya. Selalu usahakan untuk memakai bata merah yang masih baru diproduksi, karena jika disimpan lama  kualitasnya bisa menurun, apalagi jika sering terkena hujan.
Demikian ulasan rumahmaterial.com tentang bata merah sebagai material pasangan dinding. Semoga bermanfaat…!

Back To Top