Garis Sersan Ramp Beton Area Parkir Gedung

Ramp Area Parkir Gedung
Ramp Area Parkir Gedung
Rumahmaterial.com - Pada area gedung parkir bertingkat untuk menghubungkan antara satu lantai dengan lantai yang lain kita akan melalui tanjakan dari pelat beton yang disebut ramp. 

Umumnya pada permukaan ramp dibuat pola alur garis-garis yang berfungsi sebagai anti slip agar tidak licin ketika dilalui kendaraan. Alur garis ini yang disebut dengan groove line atau lebih sering disebut dengan garis sersan. 

Selain sebagai anti slip agar tidak licin, garis sersan ramp juga berfungsi sebagai tali air untuk mencegah genangan air pada permukaan ramp. Dengan adanya garis sersan, air akan mengalir ke arah gutter di sisi kanan dan kiri ramp. 

Biasanya garis sersan dibuat setiap jarak 25 sampai 30 cm tapi tentunya jarak yang dipakai akan menyesuaikan dengan gambar rencana pada masing-masing proyek.

Bagimana Proses Pembuatan Garis Sersan Ramp?

Proses pembuatan garis sersan ini ada 2 macam. Yang pertama adalah menggunakan besi siku yang dikaitkan ke besi tulangan sebelum dilakukan pengecoran beton. Yang kedua adalah tanpa besi siku tetapi dengan cara memotong / cutting permukaan beton yang sudah jadi. 

Cara membuat garis sersan dengan melakukan cutting permukaan beton yang lebih sering digunakan karena lebih ekonomis dari sisi biaya dan selain itu prosesnya juga lebih mudah untuk dilaksanakan.

Untuk melakukan cutting garis sersan ramp alat-alat yang dibutuhkan antara lain : 
  1. Kacamata dan masker
  2. Mesin cutting beton 
  3. Palu dan pahat
  4. Kape / sendok semen
Tahapan pelaksanaan pekerjaan cutting garis sersan ramp adalah sebagai berikut :
  1. Dilakukan marking garis sersan ramp sesuai gambar rencana.
  2. Cutting beton sesuai dengan garis marking. Lakukan proses cutting dengan hati-hati agar hasil cutting betonnya rapi.
  3. Cungkil / ketrik beton di antara garis sersan dengan palu untuk menghasilkan alur berbentuk v pada permukaan beton.
  4. Repair jika terjadi kerusakan. 
  5. Pembersihan lokasi setelah semua pekerjaan selesai.
Proses Pembuatan Garis Sersan Ramp
Proses Pembuatan Garis Sersan Ramp 

Bagaimana Perhitungan Biaya Garis Sersan Ramp?

Untuk garis sersan pada ramp ini dihitung dalam satuan panjang m’ atau bisa juga dalam satuan luas m2. Meski sebenarnya untuk total biaya akan sama saja. 

Karena jika dihitung dalam satuan luas m2 pun tetap akan dihitung biaya berdasarkan panjang garisnya dan ada berapa garis dalam setiap luasan 1 m2. Jadi cuma berbeda pada penyajian cara perhitungannya saja. 

Demikian sedikit ulasan rumahmaterial.com tentang garis sersan pada ramp beton area parkir, semoga bermanfaat...!

2 komentar untuk "Garis Sersan Ramp Beton Area Parkir Gedung"

  1. Balasan
    1. Betul mungkin memang agak membutuhkan waktu, tetapi metode cutting sersan adalah metode yang ekonomis untuk membut garis sersan

      Hapus