Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

4 Faktor Utama Yang Mempengaruhi Biaya Dinding Façade Aluminium Composite Panel (ACP)

Material Aluminium Composite Panel (ACP) sebagai dinding façade sangat sering digunakan terutama untuk bangunan perkantoran modern. Mengapa demikian? Hal itu disebabkan oleh beberapa keunggulan material ACP seperti kuat dan tahan lama, tahan cuaca, mudah diproses, banyak pilihan warna dan mudah perawatannya.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang material ACP silahkan simak juga artikel rumahmaterial.com sebelumnya tentang Mengenal Material Aluminium Composite Panel.

Biaya untuk pembuatan dinding façade ACP cukup mahal, berkali lipat dari dinding pasangan bata dengan plester aci finish cat. Tetapi sebenarnya apa saja faktor yang mempengaruhi biaya dinding façade Aluminium Composite Panel (ACP)? Simak ulasannya berikut ini.

Dinding Facade ACP
Dinding Facade ACP


Material Aluminium Composite Panel

Apa merek Apa yang digunakan? Pemilihan merek material ACP sangat berpengaruh terhadap biaya dinding facade ACP. Misalnya material ACP ex. Eropa lebih mahal jika dibandingkan dengan merek produk ACP ex. China dengan ketebalan yang sama. 

Berapa ketebalan Aluminium skin nya? Seperti kita ketahui tebal aluminium skin juga sangat berpegaruh terhadap harga. Jika kita menggunakan  ACP dengan tebal 0,5 mm tentunya akan lebih mahal jika dibandingkan dengan yang tebal 0,3 mm.

Fluktuasi nilai tukar Rupiah juga sangat berpengaruh karena merek material ACP yang beredar di pasaran pada umumnya merupakan produk Impor dengan harga acuan US dollar. Jadi jika nilai tukar sedang terpuruk maka dengan harga satuan material ACP dalam US dollar yang sama jika dikonversi ke Rupiah akan jadi lebih mahal.

Rangka Bracket Yang Digunakan

Apa bahan rangka yang digunakan? Menggunakan besi hollow biasa tau hollow aluminium? Berapa ketebalannya? Berapa jarak tiap rangkanya? Untuk jarak tiap rangka berhubungan juga dengan ukuran modul dan desain perencanaan tampak bangunan tersebut.

Rangka dengan material yang tebal dan jarak antar rangka yang rapat tentunya akan membutuhkan biaya yang lebih besar. 

Ukuran Modul dan Desain Perencanaan

Berapa ukuran modulnya? Misalnya ukuran standar ACP 1220 x 2440, jika desain façade menggunakan ukuran modul yang tanggung untuk masing-masing panel ACP contohnya berukuran 800 x 1800 maka akan banyak waste atau material sisa yang terbuang, yang pastinya akan membuat biaya membengkak.

Bagaimana desain perencanaannya? Untuk façade dengan tampilan tidak rata atau maju mundur tentunya memerlukan rangka yang lebih banyak sehingga tentu membutuhkan biaya yang lebih besar. Selain itu desain dengan banyak tekukan kadang menyebabkan kesalahan perhitungan volume karena hanya menghitung luasan pada tampak saja.


Alat Bantu Yang Diperlukan

Biasa untuk pelaksanaan pekerjaan façade dinding ACP menggunakan alat bantu scafolding atau mungkin gondola. Jika gedung yang dipasang façade ACP semakin tinggi tentunya membutuhkan alat bantu yang semakin banyak yang secara tidak langsung akan mempengaruhi total biayanya.

Demikian ulasan tentang 4 Faktor Utama Yang Mempengaruhi Biaya Dinding Façade Aluminium Composite Panel yang dapat rumahmaterial.com sampaikan, semoga bermanfaat.


Back To Top