Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Curtainwall Untuk Facade Gedung Yang Modern Dan Elegan

Curtainwall merupakan facade atau penutup muka bangunan non struktural dari bahan rangka aluminium dan dinding kaca. Kadang facade bangunan gedung selain menggunakan curtainwall kaca ada juga yang kombinasi dengan material aluminium composite panel.

Mengapa menggunakan curtainwall? Paling tidak ada 4 alasan yang mendasari penggunaan curtainwall yaitu:
  1. Lebih ringan jika dibandingkan penutup dinding yang lain, sehingga menghemat biaya konstruksi / struktur bangunan .
  2. Curtainwall kaca bisa meneruskan cahaya.
  3. Facade gedung yang menggunakan  curtainwall terlihat modern dan lebih elegan serta memberikan view pandangan lebih luas dan lega.
  4. Pemasangan curtainwall dapat dilakukan dengan cepat dan rapi (tergantung kesiapan kondisi lahan dan desain curtainwall-nya).
Secara garis besar curtainwall terbagi menjadi dua jenis yaitu stick system dan unitized system. Tetapi untuk stick system lebih sering digunakan untuk proyek-proyek di Indonesia, kenapa? Sistem ini lebih fleksibel karena menggunakan komponen lepasan (bracket, mullion, dan transom) yang dirangkai langsung di lokasi proyek dan pemasangannya juga relatif cepat.
Curtainwall Kaca Reflective
Curtainwall Kaca Reflective
Sedangkan dilihat dari sistem rangkanya / framenya terbagi lagi menjadi dua jenis yaitu sistem frame expose atau sistem frame tersembunyi (komponen metal frame tidak terlihat dari luar). 

Untuk bangunan sampai enam lantai, untuk curtainwall biasanya menggunakan kaca dengan ketebalan 8 mm. Kaca yang digunakan tergantung dari desain arsitekturnya, bisa kaca celar, kaca panasap, maupun kaca reflektif. Meskipun sebenarnya ada perhitungan khusus untuk menentukan tebal kaca dan tebal profil frame / rangka yang diperlukan tergantung dari beban sendiri, beban angin, beban gempa, dan lain-lain.

Pada proyek konstruksi pekerjaan curtainwall dimulai dengan pekerjaan rangka curtainwall yang sebaiknya dilakukan setelah pekerjaan struktur bangunan selesai / setelah topping off agar lebih mudah dilakukan adjustment arau penyesuaian rangka terhadap struktur bangunan sehingga akan dihasilkan pelaksanaan pekerjaan yang lebih rapi. 

Dalam perhitungan biaya / RAB, facade bangunan gedung khususnya curtainwall merupakan salah satu komponen biaya arsitektur yang sangat berpengaruh karena harga satuan curtainwall per m2 relatif mahal. Karena itu perhitungan volume harus dilakukan secara teliti untuk menghindarkan kerugian akibat kesalahan perhitungan  volume pekerjaan curtainwall. 

Demikian sedikit ulasan tentang Curtainwall Untuk Facade Gedung Yang Modern Dan Elegan, semoga bermanfaat...!

Back To Top