Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Inilah 7 Material Facade Bangunan Yang Sering Digunakan

Facade bangunan merupakan salah satu komponen arsitektur yang sangat penting karena sangat berpengaruh terhadap desain bangunan secara keseluruhan. Suatu bangunan bagus atau tidak pertama pasti dilihat dari facade atau tampak mukanya.

Pada kesempatan ini rumahmaterial.com akan mengulas tentang 7 material facade bangunan yang sering digunakan. Penggunaan material facade bangunan bisa merupakan salah satu material di bawah ini atau kombinasi dari beberapa macam material menjadi perpaduan yang selaras.

Facade Bangunan Rumah
Facade Bangunan Rumah


1. Plester Aci Finish Cat

Salah satu material facade yang paling banyak digunakan untuk semua jenis bangunan adalah plester aci finish cat dinding. Mengapa? Itu karena plester aci merupakan salah satu item standar yang mudah didapat materialnya dan mudah pengerjaannya. 

Cuma kekurangannya adalah pada suatu bidang bangunan tinggi penggunaan plester aci jarang digunakan karena hasil pekerjaannya biasa kurang rapi, tetapi untuk bangunan rumah tinggal mungkin memang sangat sering digunakan. Selain itu juga sering terjadi retak rambut pada permukaan plester aci. Untuk mencegah retak rambut pada plester aci dapat menggunakan adukan mortar instan yang lebih terjamin kualitas materialnya.  

Untuk dinding luar sebaiknya plester aci difinish dengan cat khusus eksterior bangunan yang tahan terhadap cuaca seperti cat weathershield.

2. Granite Alam Dinding Facade

Granite alam menimbulkan kesan yang mewah pada suatu bangunan. Biasanya facade granite alam hanya pada bagian bawah atau dinding luar lantai dasar saja meski tidak tertutup kemungkinan juga digunakan pada lantai atas. Hal ini karena material granite alam cukup berat sehingga perlu rangka dan dudukan yang kuat selain itu harganya paling mahal jika dibandingkan material facade yang lain meski tergantung juga dari kualitas material granite alam yang dipilih.

Untuk dinding luar umumnya dinding granite menggunakan sistem pasang kering atau menggunakan bracket besi siku sebagai rangka. Jangan lupa simak juga penjelasan tentang granite alam dalam artikel Mengenal Material Marmer dan Granite.

3. Batu alam Andesit

Batu andesit juga merupakan salah satu material alam yang sering digunakan untuk finishing facade bangunan. Biasa dipasang dengan sistem susun sirih atau juga pola tertentu. Sedikit penjelasan lebih lanjut ada pada artikel Batu Andesit, Finishing Batu Alam Untuk Bangunan Anda

4. Aluminium Composite Panel

Apa itu aluminium composite panel? simak penjelasannya dalam artikel rumahmaterial.com sebelumnya tentang Mengenal Material Aluminium Composite Panel.

Material aluminium composite panel biasa dipasang dengan modul tertentu dengan menggunakan rangka hollow aluminium atau hollow metal. Biasa digunakan untuk facade bangunan kantor, ruko, dan berbagai macam jenis bangunan yang lain tetapi agak jarang digunakan untuk facade rumah tinggal.

5. Kaca / Curtainwall

Curtainwall kaca sering dikombinasi dengan material aluminium composite panel dan biasanya digunakan pada bangunan perkantoran. Kaca yang sering digunakan adalah kaca panasap dan kaca stopsol atau kaca reflektif. Simak artikel tentang curtainwall dalam artikel sebelumnya tentang Curtainwall Untuk Facade Gedung Yang Modern Dan Elegan

6. Panel Beton Precast Finish Cat

Panel beton precast merupakan material facade bangunan yang cocok digunakan pada tipe bangunan dengan facade yang tipikal karena facade akan dapat dilakukan dengan lebih cepat. Selain itu kualitas juga lebih terjamin karena merupakan material produksi pabrikan. 

Tetapi kekurangan panel beton precast adalah material cukup berat sehingga perlu alat bantu seperti mobile crane atau tower crane untuk instalasinya, serta tidak ekonomis jika bentuk facade tidak tipikal atau seragam. Simak ulasan yang pernah rumahmaterial.com sampaikan sebelumnya tentang material ini dalam artikel Panel Beton Precast Untuk Fa├žade Bangunan.

7. Panel GRC Finish Cat

Panel GRC dengan rangka hollow metal dapat menjadi alternatif material facade bangunan. Seperti kita ketahui GRC bisa custom desain atau dicetak sesuai dengan ukuran dan desain arsitektur yang diinginkan. Selain itu dengan menggunakan panel GRC akan dapat menghasilkan permukaan dinding yang lebih rata dan halus jika dibandingkan dengan hasil plesteran dan acian dinding. Simak artikel tentang material GRC dalam artikel GRC Panel Atau GRC Cetak, Pilih Yang Mana?

Demikian ulasan kami tentang 7 material facade bangunan yang sering digunakan, masing-masing material tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan sehingga untuk memilih penggunaan material yang sesuai sangat tergantung dari desan arsitektur dan budget yang tersedia.

Back To Top