Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Mengenal Material Aluminium Composite Panel

Apa yang dimaksud dengan Aluminium Composite Panel?

Aluminium Composite Panel (ACP) merupakan salah satu jenis material penutup dinding, plafond, dan facade / dinding luar bangunan. Material ini terdiri dari material core yang dilapisi aluminium pada kedua sisinya dan dipress sehingga menjadi satu kesatuan.

Aluminium composite panel (ACP) secara umum terbagi menjadi dua bagian besar yaitu untuk penggunaan dalam ruang (indoor) atau luar ruangan (outdoor) dengan perbedaan pada ketebalan lapisan aluminium dan finishing coatingnya. Untuk luar ruangan seperti façade bangunan menggunakan finishing coating PVDF sedangkan untuk dalam ruangan biasa menggunakan finishing Polyester.

Aluminium Composite Panel (ACP)
Aluminium Composite Panel (ACP)
Biasanya ACP diproduksi dengan ketebalan standar 4 mm dan ukuran standar 1220 x 2440 mm. Untuk lapisan aluminium di atas dan bawah lapisan core ketebalannya bervariasi, umumnya antara 0,3 mm, 0,4 mm, dan 0,5 mm. 

Apa yang harus diperhatikan dalam memilih material ACP?

Yang harus diperhatikan dalam memilih produk material ini adalah merek produknya, jenis material core-nya, ketebalan total panelnya, ketebalan lapisan aluminiumnya, serta jenis dan ketebalan finishing coatingnya. Itulah beberapa hal tersebut yang sangat menentukan kualitas dan harga dari material ACP.

Bagaimana aplikasi material ACP?

Penggunaan aluminium composite panel (ACP) umumnya untuk façade bangunan (dinding luar bangunan) yang dikombinasi dengan penggunaaan kaca (curtainwall), panel penutup rangka kanopi, papan petunjuk dan billboard. Untuk pekerjaan interior kadang ACP digunakan untuk untuk panel penutup partisi, penutup kolom, dan juga untuk plafond.

Apa kelebihan produk aluminium composite panel (ACP)? 

  1. Tahan benturan mempunyai ketahanan yang tinggi. Permukaan anti gores dan tidak akan pecah jika dilengkungkan sampai sudut tertentu, kuat dan tahan lama.
  2. Tahan cuaca. Tahan terhadap serangan asam, garam, korosi, dan sinar ultra violet.
  3. Ringan dan mudah diproses. Dengan berat kurang dari 6 kg/m2 untuk ketebalan panel 4 mm merupakan material yang cukup ringan sehingga mudah dalam pengerjaannya. Selain itu proses pemotongan, pemangkasan, pengeboran, dapat dilakukan dengan mudah hanya menggunakan alat yang sederhana. 
  4. Tahan api. Hal ini karena bagian tengahnya atau material core-nya mempunyai ketahanan api yang baik, selain itu kedua sisinya yang berbahan aluminium juga tidak mudah terbakar. 
  5. Banyak pilihan warna. Tersedia dalam bermacam-macam warna standard dan warna metalic, kadang untuk merek tertentu dengan minimal jumlah kebutuhan yang ditentukan, dapat memesan warna khusus sesuai permintaan konsumen.
  6. Mudah Pemeliharaannya. Memiliki kemampuan untuk membersihkan diri sendiri (self cleanning) jadi tidak perlu dibersihkan lagi. Tetapi pada area dengan tingkat polusi sangat tinggi mungkin perlu dibersihkan dengan menggunakan detergen biasa.  

Back To Top