Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Toilet Portable Sementara Di Lokasi Proyek

Toilet Portable
Toilet Portable Untuk Proyek Konstruksi (sumber:gotoilet.co.id)

Rumahmaterial.com - Toilet Sementara merupakan salah satu item pekerjaan persiapan yang harus dipersiapkan sebelum pelaksanaan proyek konstruksi.

Umumnya dari pihak kontraktor akan membuat toilet sementara berupa bangunan semi permanen dan septic tank di salah satu sudut lokasi proyek.

Toilet sementara itu umumnya merupakan bangunan semi permanen yang dibuat dari pasangan dinding bata, dengan atap metal, pintu PVC yang dilengkapi dengan bak air dan sanitary standar seperti closet jongkok, floor drain, dan kran air. 

Salah satu kekurangan menggunakan toilet jenis semi permanen ini adalah lokasinya yang tidak bisa dipindah-pindah. Jadi jika akan berpindah lokasi maka kita harus membuat toilet baru lagi di lokasi yang diinginkan.

Selain itu kadang ada juga beberapa hal yang membuat kontraktor tidak bisa membuat toilet permanen di lokasi proyek misalnya karena dilarang oleh pemilik proyek atau mungkin juga lokasi yang terbatas.

Karena itu kadang ada juga proyek konstruksi yang menggunakan toilet portable. 

Toilet Portable Untuk Proyek Konstruksi

Toilet portable adalah toilet pabrikan yang umumnya dari bahan fiberglass yang sudah dilengkapi dengan peralatan sanitay standar.

Toilet portable ini bisa diadakan dengan sistem beli unit atau sewa unit. Tentunya itu tergantung dari jenis proyek, jumlah kebutuhan toilet, dan jangka waktu pelaksanaan proyek.

Jika jangka waktu pelaksanaan relatif lama maka sebaiknya pengadaan portable toilet dengan cara membeli unitnya karena jika dihitung akan lebih ekonomis.

Sedangkan jika waktu pelaksanaan proyek hanya sebentar maka sistem sewa mungkin lebih tepat untuk dijadikan pilihan.

Mengapa demikian? Rekan kami pernah menghubungi salah satu supplier toilet portable yang bisa dibeli atau disewa untuk mendapatkan informasi tersebut. 

Jika menggunakan sistem pembelian, mereka menjual dengan harga 15 juta rupiah per unitnya, tetapi jika menggunakan sistem sewa mereka mengenakan biaya sewa 5 juta rupiah per bulan untuk satu unitnya.

Note:  harga tersebut hanya merupakan contoh saja dan bisa berbeda dari penyedia jasa sewa / beli portable toilet yang lain.

Dari contoh di atas terlihat bahwa jika menggunakan portable toilet lebih dari 3 bulan maka pilihan untuk membelinya akan lebih ekonomis.

Ada beberapa biaya lain yang juga harus dipertimbangkan yaitu biaya mobilisasi dan demobilisasi ke lokasi proyek dan biaya perawatan berkala.

Selain itu harus disiapkan juga toren untuk supply air bersih dan septic tank ramah lingkungan untuk menampung limbah. 

Posting Komentar untuk " Toilet Portable Sementara Di Lokasi Proyek"