Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Teknologi Laser Cutting Untuk Arsitektur Dan Interior

Sering kita menjumpai desain artistik facade bangunan dengan profil yang sangat rumit diaplikasikan pada bahan logam seperti pelat stainless steel dengan hasil yang rapi. Hal tersebut dimungkinkan dengan pemotongan material menggunakan teknologi laser cutting.

Apa yang dimaksud dengan laser cutting?
Laser cutting merupakan proses pemotongan material menggunakan laser dengan kekuatan tinggi tetapi dengan titik potong yang kecil sehingga panas tidak menyebar dan pemotongan lebih efektif. Langkah pertama pekerjaan laser cutting adalah membuat desain / pola pemotongannya dengan program CAD yang dikombinasikan dengan program untuk membuat jalur pemotongan logam sesuai dengan desain / pola / motif yang diinginkan

Proses pemotongan dengan laser termasuk cepat tergantung dari ketebalan dan jenis material yang dipotong. Biasanya lingkup pekerjaan laser cut service mulai dari produksi, finishing, dan pemasangan di lokasi.

Aplikasi Laser Cutting Untuk Partisi Interior Ruangan
Salah Satu Aplikasi Laser Cutting Untuk Partisi Interior Ruangan
(Gambar :  tritunggalmetal.com)

Apa saja contoh Aplikasi laser cutting untuk arsitektur dan interior?
Desain laser cutting dapat diaplikasikan di berbagai jenis bangunan seperti perkantoran, hotel, mall, apartemen, dan rumah tinggal. Aplikasi laser cut pada arsitektur dan interior bangunan contohnya antara lain pagar dekoratif, building sign (logo dan signage), partisi ruangan, fa├žade bangunan, sun screen, railing tangga, railing balkon, dan plafond. Bahkan bisa juga diaplikasikan untuk furniture seperti kursi, meja, hiasan lampu, dan lain-lain.

Apa saja bahan / material untuk aplikasi laser cutting?
Material untuk aplikasi laser cutting terbagi atas bahan logam dan non logam. Yang termasuk bahan logam antara lain : mild steel, stainless steel, aluminium, sedangkan bahan non logam antara lain : acrylic, aluminium composit panel (ACP),  serta kayu olahan (MDF dan plywood).

Demikian sedikit ulasan tentang teknologi laser cutting yang memungkinkan bentuk profil yang artistik dapat di aplikasikan untuk bahan logam maupun non logam dengan hasil yang rapi dan presisi. Semoga bermanfaat...! 

Back To Top