Metode Pelaksanaan Pekerjaan Fasade ACP

Pekerjaan Fasade ACP

Rumahmaterial.com - Aluminium Composite Panel atau sering disebut dengan ACP merupakan material fasade bangunan yang sering digunakan untuk bangunan gedung bertingkat.

Sering kali penggunaan fasade ACP dikombinasikan dengan fasade kaca curtainwall.

Untuk lebih jelasnya tentang apa itu Alumnium Composite Panel (ACP) silahkan simak artikel rumahmaterial.com sebelumnya di bawah ini. 
Pekerjaan fasade dapat dimulai setelah seluruh pekerjaan struktur bangunan gedung tersebut selesai / topping off. 

Untuk alat bantu pekerjaan fasade ACP tergantung dari ketinggian dan tingkat kesulitannya, bisa menggunakan alat bantu scafolding atau bisa juga menggunakan gondola. 

Bagaimana Pelaksanaan Pekerjaan Fasade ACP?

Langkah pelaksanaan pekerjaan fasade ACP dapat diuraikan sebagai berikut :

Pekerjaan Persiapan

Pembuatan shop drawing dan pengajuan brosur dan sample material ACP yang digunakan (baik merek maupun warnanya).

Pembuatan pola potong ACP (cutting list) sesuai shop drawing untuk melakukan pemesanan material ACP yang dibutuhkan.

Melakukan pengukuran dan marking untuk membagi modul vertikal dan horisontal dan menentukan as untuk posisi rangka vertikal dan horisontal. 

Fabrikasi Panel ACP

Cutting - pemotongan material ACp sesuai pola cutting list dapat dilakukan menggunakan mesin jigsaw, router, atau mesin panel khusus.  

Grooving - pembuatan alur untuk bidang tekuk yang dilakukan menggunakan mesin router.

Bending - menekuk material ACP yang dilakukan di atas meja yang datar dan stabil dengan menggunakan besi siku dobel sebagai alat bantunya. 

Pemasangan rangka ACP

Pemasangan bracket dan pengikat rangka ke struktur bangunan sesuai hasil marking. Selanjutnya dilakukan pemasangan rangka vertikal dan horisontal.

Pemasangan panel ACP

Umumnya proses pemasangan panel ACP dilakukan dari lantai bawah ke lantai atas dan dilakukan sesuai arah yang tertera pada panel ACP karena ada tipe ACP yang terdapat gradasi warna jika dilihat. 

Semua panel ACP harus terpasang kuat dan rata. Selalu dilakukan pemeriksaan kerataan antar panel sewaktu pemasangan dengan waterpass / jidar aluminium.

Pekerjaan sealant - sebelum dilakukan pekerjaan sealant dipastikan alur nat antar panel ACP sudah bersih dari kotoran dan debu. Selanjutnya dilakukan pemasangan masking tape pada sisi panel agar hasil sealant rapi sebelum dilakukan pekerjaan sealant.
 
Demikian ulasan singkat dari rumahmaterial.com tentang Metode Pelaksanaan Pekerjaan Fasade ACP, seoga bermanfaat bagi Anda.

Posting Komentar untuk " Metode Pelaksanaan Pekerjaan Fasade ACP"