Pilih Mana Saluran Pasangan Batu Kali Atau Saluran Beton Precast?

Saluran Terbuka Beton Pracetak
Saluran Terbuka Beton Pracetak
Rumahmaterial.com - Salah satu item pekerjaan infrastruktur bangunan adalah pekerjaan saluran air. Fungsi dari saluran air sangat penting untuk mengalirkan air dan mencegah terjadinya genangan air.

Secara garis besar terdapat 2 macam saluran air yaitu saluran terbuka dan tertutup. sedangkan dari material dan pelaksanaannya terdiri dari saluran air beton, saluran air pasangan batu kali, dan saluran air pasangan bata merah.

Untuk saluran pasangan bata merah biasa digunakan untuk saluran keliling bangunan dengan ukuran yang tidak terlalu besar seperti pernah dibahas rumahmaterial.com dalam artikel Saluran Air Keliling Bangunan Pasangan Bata.

Tetapi pada kesempatan ini kami akan khusus membahas tentang saluran dari pasangan batu kali dan saluran beton, yang merupakan saluran air lingkungan dalam lingkup pekerjaan infrastruktur khususnya pada bangunan industri.

Untuk saluran beton jenis saluran terbuka bisa menggunakan saluran beton precast atau saluran beton cor ditempat (cast in situ). Untuk saluran beton precast pernah dibahas dalam artikel Mengenal Saluran Air Beton Precast.

Jadi Pilih Mana Saluran Pasangan Batu Kali Atau Saluran Beton Precast?

Untuk Saluran pasangan batu kali dari segi harga lebih murah daripada saluran beton precast tetapi membutuhkan waktu yang lebih lama dalam pelaksanaannya.

Selain itu saluran pasangan batu kali membutuhkan lahan yang lebih luas karena umumnya tebal saluran batu kali minimal 30 cm jadi total lebarnya jika untuk saluran dengan lebar 1 m menjadi 1 m + 2 x 30 cm = 1,6 m. 

Sedangkan saluran beton precast cukup mungkin 15 cm saja, jadi untuk saluran lebar 1 m menjadi 1 m + 2 x 15 cm = 1,3 m.

Dari sisi biaya saluran beton terutama beton precast lebih mahal daripada saluran batu kali, tetapi untuk pelaksanaan pemasangannya jauh lebih mudah. 

Selain itu untuk bangunan industri dimana saluran biasa dilalui kendaraan berat lebih disarankan menggunakan saluran beton karena lebih kuat menahan beban.

Jadi untuk yang mana jenis yang lebih baik kembali lagi ke masalah biaya dan waktu. 

Jika ingin pelaksanaan pekerjaan cepat dengan biaya lebih mahal pilihlah saluran beton precast, sedangkan jika ingin biaya lebih murah tetapi waktu tidak menjadi masalah maka saluran dari pasangan batu kali dapat dipilih.

Posting Komentar untuk "Pilih Mana Saluran Pasangan Batu Kali Atau Saluran Beton Precast? "