Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Saluran Air Keliling Bangunan Pasangan Bata

Saluran air keliling bangunan merupakan salah satu item pekerjaan luar bangunan. Saluran air keliling bangunan berfungsi mengalirkan air dari pipa talang tegak ke saluran air lingkungan sehingga biasanya saluran air keliling bangunan memiliki dimensi yang tidak terlalu besar. 

Dilihat dari jenisnya saluran air keliling bangunan ada yang terbuka dan ada yang tertutup. Untuk saluran air yang tertutup juga terbagi lagi menjadi saluran tertutup yang bersifat permanen atau yang bisa dibuka tutup. Biasanya terdapat 2 jenis material yang sering digunakan sebagai penutup saluran yaitu grill besi dan pelat beton.

Untuk saluran air terdapat beberapa jenis material yang dapat digunakan antara lain beton cetak di tempat (cast in situ), beton pra cetak (pre cast), pasangan batu kali, pasangan bata finish plester aci, tetapi untuk saluran keliling bangunan paling sering menggunakan beton precast berbentuk u atau sering disebut u ditch dan pasangan bata finish plester aci. 

Untuk saluran u ditch beton precast pernah dibahas juga dalam artikel rumahmaterial.com sebelumnya tentang Mengenal Saluran Air Beton Precast.

Pakai saluran air pasangan bata atau u ditch beton precast? Itu tentunya tergantung dari kebutuhan masing-masing proyek serta ketersediaan materialnya. Saluran beton precast tentu saja lebih cepat pelaksanaannya karena datang ke lokasi proyek sudah dalam bentuk jadi tinggal dilakukan galian, pemasangan saluran u ditch, dan urug kembali sisa tanah galian di samping saluran.

Tetapi menggunakan saluran u ditch juga bukan tanpa masalah karena ukuran produk yang ada standar produksinya sehingga mungkin kurang cocok dengan dimensi yang kita inginkan. Selain itu jika di dekat lokasi proyek tidak ada supplier u ditch beton maka harga saluran akan menjadi mahal karena ongkos kirim yang jauh.

Lain halnya dengan saluran air dari pasangan bata finish plester aci yang menggunakan material seperti pasangan bata dan plester aci pada umumnya yaitu bata merah, semen, dan pasir yang relatif mudah didapat dan dapat dikerjakan dengan mudah oleh tukang batu meski membutuhkan waktu lebih lama.

Untuk saluran air dari pasangan bata biasanya menggunakan rabat beton dengan tulangan satu lapis sebagai sisi bawah atau lantainya, di atas lapisan pasir urug dan lantai kerja. Sedangkan dindingnya menggunakan pasangan bata finish plester aci. Untuk perkuatan pada dinding atasnya dapat dibuat balok praktis dari beton bertulang.

Untuk contohnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini. Suatu saluran air keliling bangunan dari pasangan batu bata finish plester aci dengan ukuran dalam 60x60 cm.

Saluran Air keliling Bangunan Dari Pasangan Bata

Biasanya saluran air dihitung dalam satuan m', untuk menghitung harga satuannya maka kita perlu mengetahui apa saja komponen yang ada. Pada gambar di atas dapat dilihat bahwa komponen pekerjaan saluran adalah 
  1. Pekerjaan galian tanah.
  2. Urug pasir padat asumsi 5 cm 
  3. lantai kerja 5 cm
  4. Lantai rabat beton tebal 8 cm dengan tulangan wiremesh M4 1 lapis.
  5. Dinding pasangan bata finish plester aci di kedua sisi.
  6. Balok praktis di kedua sisi.
  7. Urugan tanah kembali.
  8. Tutup saluran dari beton dengan tulangan tulangan wiremesh M4 1 lapis.
Biasanya pada belokan saluran air kadang juga diberi bak kontrol. Apa itu bak kontrol? Simak penjelasan rumahmaterial.com dalam artikel sebelumnya tentang Apakah Yang Dimaksud Dengan Bak Kontrol?

Back To Top