Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

GRC Panel Atau GRC Cetak, Pilih Yang Mana?

Facade GRC Pada Gedung Sampurna Strategic Square

Rumahmaterial.com - Penggunaan material GRC sudah semakin banyak digunakan untuk berbagai jenis bangunan termasuk rumah tinggal.

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan GRC?

GRC merupakan singkatan dari Glassfibre Reinforced Cement yaitu material yang terbuat dari campuran semen dan pasir (agregat halus) yang diperkuat dengan glassfibre alkali resistant sehingga dihasilkan material yang kuat tetapi ringan.

Dari jenisnya secara umum GRC ada 2 macam yaitu GRC panel produksi pabrikan (ready made) dan GRC cetak (custom made).

GRC panel produksi pabrikan berupa lembaran dengan beberapa jenis ketebalan mulai dari 4 mm, 6 mm, 9 mm, 12 mm, sampai 15 mm tergantung dari tipe produknya.

Sedangkan GRC cetak akan diproduksi sesuai dengan desain yang diberikan misalnya profilan-profilan, ornamen dekorasi, dan lain-lain.

Apa keunggulan material GRC? 

Terdapat 7 keunggulan material GRC yaitu :
  1. Kuat dan tahan benturan
  2. Tahan segala cuaca dan perubahan suhu
  3. Tahan api dan tidak menjalarkan api 
  4. Tahan korosi
  5. Tahan rayap dan jamur
  6. Mudah dibentuk dan cepat dalam pemasangannya
  7. Minim perawatan cukup dicat secara berkala seperti elemen bangunan yang lain

Dimana aplikasi material GRC? Untuk apa saja?

GRC Panel (ready made) biasa digunakan untuk panel dinding dan partisi, plafond, cover kolom, listplank, partisi kubikal toilet, pagar proyek, dan bahkan ada yang dapat berfungsi sebagai lantai.

Umumnya GRC panel digunakan untuk bidang yang tidak memiliki banyak profilan / ornament dan berdesain minimalis. Meski ada tipe produk GRC panel tertentu yang permukaannya bertekstur motif misalnya motif kayu.

Untuk harganya GRC panel berbeda-beda tergantung dari ketebalan, ukuran, dan tipe produknya, tetapi biasanya ada pricelist sebagai standar harganya. 

GRC Cetak (custom made) banyak digunakan untuk penutup / cover dinding dan kolom yang terdapat banyak profilan.

Mengenal Lebih Dalam GRC Cetak

Setelah dicetak GRC cetak tinggal dipasang pada rangkanya yang biasa berupa besi siku dengan begitu akan lebih mudah dan cepat dalam pelaksanaan pekerjaannya dengan hasil yang lebih rapi.

Karena menggunakan molding / cetakan maka hasil pekerjaan ornamen dengan bentuk profil yang sulit pun akan seragam, hal ini akan sangat sulit didapatkan jika dikerjakan secara manual oleh tukang dengan adukan mortar. 

Untuk harga GRC cetak tidak ada standar / patokan tertentu karena harganya tergantung dari ukuran / dimensi dan ketebalan GRC, kerumitan desain, besarnya volume pekerjaan, dan banyaknya kebutuhan molding / cetakan.

Jika waktu yang ditetapkan sangat singkat maka pihak supplier GRC cetak akan memerlukan banyak molding untuk memenuhi target waktu produksi, yang pada akhirnya akan mempengaruhi harga GRC cetak.

Umumnya harga GRC cetak dihitung dalam satuan luas (m2), tetapi kadang untuk item pekerjaan tertentu misal cover kolom, bisa juga dihitung dalam satuan unit.

Jadi intinya adalah GRC cetak bisa menggantikan GRC panel tentunya dengan harga yang mungkin lebih mahal tetapi tidak bisa sebaliknya.

Untuk finishing dan pemeliharaan GRC cukup mudah. Biasanya facade GRC difinish menggunakan cat dinding exterior. Jadi untuk perawatan cukup dilakukan cat ulang secara periodik.

Untuk menghindari masalah kebocoran sebaiknya sealant pengisi antar sambungan GRC diganti setiap 5 tahun, tetapi tetap menyesuaikan dengan jenis sealantnya.

Demikian sedikit ulasan tentang material GRC, semoga bermanfaat…!

Posting Komentar untuk "GRC Panel Atau GRC Cetak, Pilih Yang Mana?"