Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Mengenal Saluran Air Beton Precast

Salah satu item pekerjaan infrastruktur yang sangat penting adalah saluran air. Untuk area yang luas, misalnya area pabrik atau gudang keberadaan saluran air yang cukup untuk mengalirkan air sangat penting agar pada jalan lingkungan tidak timbul genangan air atau malah banjir saat hujan deras.

Umumnya untuk jalan lingkungan di area bangunan industry menggunakan perkerasan paving block atau pelat beton bertulang, yang dibuat dengan kemiringan tertentu agar nantinya air hujan akan mengalir ke saluran airdi sampingnya. Saluran air ini umunya berupa saluran terbuka atau saluran tertutup yang terbuat dari beton precast. 

Saluran tertutup bisa menggunakan saluran beton yang berbentuk lingkaran yang sering disebut juga buis beton atau kotak yang sering disebut box culvert.  Sedangkan saluran terbuka bisa menggunakan saluran beton precast berbentuk u atau sering disebut u-ditch. Kadang u-ditch juga dilengkapi dengan tutup yang bisa diangkat. Sedangkan buis beton dan box culvert yang bertipe heavy duty biasa digunakan untuk saluarn penghubung yang lewat di bawah permukaan tanah atau crossing jalan beton.

Saluran U Ditch Beton

Saluran beton precast u-ditch umumnya tersedia dalam berbagai ukuran mulai dari 30x30 cm sampai 120x120 cm dengan panjang 120 cm. Untuk tutupnya tersedia sesuai ukuran u-ditch tetapi dengan lebar 60 cm, jadi untuk panjang 1 m saluran u-ditch dibutuhkan 0,833 unit uditch dan 1,67 unit tutup salurannya.

Saluran Box Culvert Beton

Untuk box culvert umumnya tersedia dari ukuran 40x40 cm sampai 200x200 cm. Sedangkan untuk Buis beton berbentuk lingkaran umumnya tersedia dalam ukuran diameter 20 cm sampai 150 cm. Box culvert dan buis beton biasa tersedia dalam ukuran panjang 1 m, tetapi kadang ada juga yang 0,5 m tergantung ukurannya. Malah kadang produsen tertentu ada yang memproduksi buis beton sepanjang 240 cm untuk 1 unitnya.

Saluran Buis Beton

Harga saluran beton precast termasuk dengan biaya pengiriman yang dihitung per rit kalau tidak salah kapasitas 2 ton. Jadi intinya jarak lokasi pengiriman dan volume pemesanan akan sangat berpengaruh terhadap harganya.

Pekerjaan saluran biasanya dibuat dalam satuan m’ panjang. Ada yang menghitung pekerjaan saluran dalam bentuk jadi, tetapi ada juga yang merinci biaya pekerjaan pendukungnya seperti pekerjaan galian, pasir urug, lantai kerja, dan urugan kembali bekas galian.

Selain saluran harus ada juga item pekerjaan bak kontrol yang ditempatkan di belokan saluran, perbedaan ukuran saluran, dan perbedaan kedalaman saluran. Bak kontrol ini dibuat dari pasangan bata merah finish plester aci atau ada juga yang dari bahan beton bertulang dan dibuat dalam satuan unit seperti pernah rumahmaterial.com bahas dalam artikel sebelumnya tentang Apakah Yang Dimaksud Dengan Bak Kontrol?

Demikian sedikit informasi tentang saluran air beton precast yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda…!

Back To Top