Finish Meni Zinchromate Pada Konstruksi Baja

Rumahmaterial.com - Pada pekerjaan konstruksi baja biasanya baja profil akan difinish minimal dengan meni zinchromate. Mengapa demikian? Apa tujuannya? 

Hal tersebut adalah karena zinchromate mengandung pigment zinc yang mempunyai sifat karakteristik anti korosi yang sangat baik dan dipadukan dengan resin alkyd sehingga aplikasi zinchromate dapat berfungsi sebagai cat anti korosi.

Dalam BQ pekerjaan struktur baja, pekerjaan pengadaan dan pemasangan baja profil seperti WF, CNP, pelat baja, diperhitungkan dalam satuan kg. Seperti pernah dibahas dalam artikel Komponen Utama Bangunan Konstruksi Baja.

Begitu juga dengan finish meni zinchromate, diperhitungkan sebagai total volume baja profil yang dilakukan finishing meni zinchromate. Jadi volume finish meni zinchromate diperhitungkan dalam satuan kg juga.

Selain itu ada juga yang memperhitungkan item pekerjaan finish meni zinchromate dalam satuan m2. Mana yang benar?

Jawabnya adalah semua sama-sama benar, meski item tersebut berbeda satuan perhitungan yaitu dari sisi berat dan sisi luasan. 

Meski harga satuannya berbeda antara item meni zinchromate dalam satuan m2 dan dalam satuan kg, tetapi total biaya yang ditimbulkan akan tetap sama atau paling tidak berbeda sedikit untuk profil baja yang sama karena masalah pembulatan jika perhitungannya benar. 

Untuk lebih jelasnya kita lihat contoh di bawah ini : 
Misalnya suatu profil baja WF dengan ukuran 300 mm x150 mm, maka luas bidang pengecatan meni zinchromate untuk profil sepanjang 1 m' adalah :
= (0,3 m x 2 sisi + 0,15 m x 4 sisi) x 1 m = 1,2 m2 / m'.
Dari Tabel Berat Profil Baja Per m' didapat beratnya adalah 36,70 kg/m'.
Jadi untuk konversi pendekatan harga satuan untuk pengecatan meni zinchromate yang beda satuan adalah : 

pengecatan seluas 1,2 m2 = pengecatan 36,70 kg profil baja WF 300x150
atau pengecatan seluas 1 m2 = pengecatan 30,58 kg profil baja WF 300x150
atau pengecatan 1 kg profil baja = pengecatan seluas 0,033 m2
Asumsi harga pengecatan meni zinchromate adalah Rp. 37.000 / m2, maka jika pengecatan meni zinchromate dalam satuan kg harganya adalah = 37.000 / 30,58 = 1.209,94 atau dibulatkan Rp. 1.200 / kg.

Di bawah ini kita ambil contoh perhitungan biaya pengecatan meni zinchromate untuk baja profil WF 300 x 150 x 6,5 x 9 sepanjang 10 m'.

Item Pekerjaan Volume Satuan Harga 
Satuan (Rp)
Jumlah 
Harga (Rp)
Jika volume dalam kg
Finish meni zinchromate 367 kg 1.200 440.400
Jika volume dalam m2
Finish meni zinchromate 12 m2 37.000 444.000

Hasil perhitungan di atas berbeda sedikit karena faktor pembulatan saja.
Sebagai catatan meski menggunakan perhitungan dengan cara yang sama untuk profil baja yang lain mungkin menghasilkan hasil perhitungan yang berbeda, karena berat profil baja per m' dan ukuran luas permukaan yang berbeda. 
Bagaimana jika terdapat banyak jenis profil baja misalnya profil baja WF, CNP, Siku, dan lain-lain? Cara pertama, jika kita ingin mendapatkan hasil perhitungan yang akurat, lakukan langkah perhitungan di atas untuk masing-masing jenis profil baja. 

Cara kedua, jika terburu-buru dan mau cepat kita lakukan pendekatan dengan cara menghitung untuk profil yang dominan dengan volume terbanyak saja yang dianggap bisa mewakili keseluruhan jenis profil yang ada.

Tentunya hasil perhitungan cara kedua kurang akurat jika dibandingkan cara pertama.

Demikian ulasan rumahmaterial.com tentang Finish Meni Zinchromate Pada Baja Profil Konstruksi Baja, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Finish Meni Zinchromate Pada Konstruksi Baja"