Pintu Dan Jendela Dengan Satuan M2?

Penyajian item pintu dan jendela dalam BQ umumnya dalam satuan unit. Untuk menghitung volumenya kita akan menghitung jumlah pintu dan jendela sesuai denah pintu dan jendela dalam gambar arsitektur.

Untuk harga satuan pintu dan jendela yang diperhitungkan biasa sudah termasuk kusen, daun pintu atau jendela, kaca jika ada, dan aksesoris seperti engsel, handle, kunci dan lain-lain. 

Simak juga artikel tentang Komponen Utama Harga Pintu Jendela Kayu.

Tetapi pernah juga kami jumpai ada yang menyajikan item pintu dan jendela dalam satuan m2. Pertanyaannya, “Apakah bisa seperti itu?”  tentu saja bisa saja tetapi dalam perhitungan biayanya akan kurang akurat.

Sebenarnya untuk mendapatkan harga pintu dan jendela dalam satuan m2 kita tetap harus menghitung dalam satuan unit terlebih dahulu baru dibagi dengan luasannya untuk mendapatkan harga dalam satuan m2.

Seperti sudah disampaikan jika kita menyeragamkan harga pintu dalam satuan m2 misalnya, sementara ukuran dan kebutuhan aksesorisnya berbeda-beda maka harganya akan kurang akurat. 

Untuk perhitungan cepat dan aman kita dapat mengambil sampel harga dari ukuran pintu atau jendela yang paling kecil, karena jika harga 1 unit dibagi dengan luasnya, maka unit dengan luasan terkecil akan menjadi harga termahal.  
Contoh Pintu Kayu
Supaya lebih jelas kita ambil Contoh Cara Hitung Harga Pintu Kayu. Dalam artikel tersebut didapatkan harga Rp. 5.844.000,- / unit untuk pintu ukuran 90x210 cm. Jika kita ingin mendapatkan harga per m2 maka = 5.844.000 / (0,9 m x 2,1 m) = 3.092.063.49 atau dibulatkan menjadi Rp. 3.092.000 / m2.

Note : harga tersebut hanya untuk contoh perhitungan saja untuk memperjelas dan bukan mencerminkan harga saat ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel