Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Fungsi Bata Ringan Selain Sebagai Pasangan Dinding

Bata ringan atau Autoclaved Aerated Concrete (AAC) sudah dikenal sebagai alternatif pasangan dinding selain material bata merah. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang material bata ringan silahkan simak artikel rumahmaterial.com sebelumnya yang membahas tentang Mengenal Material Dinding Bata Ringan.

Apa saja kelebihan material bata ringan? Berbagai kelebihan penggunaan material bata ringan pernah dibahas dalam artikel 10 Kelebihan Material Dinding Bata Ringan.

Tetapi sebenarnya selain sebagai material pasangan dinding, bata ringan dapat juga digunakan sebagai material untuk meninggikan elevasi lantai atau sering disebut raise floor. 

Bata Ringan (AAC)

Pernah suatu ketika rekan kami mendapatkan pekerjaan interior untuk suatu ruangan tenant dalam mall, untuk meninggikan permukaan lantai sekitar 10 cm mereka menggunakan material bata ringan.

Ada juga rekan kami yang membangun rumah dengan pelat lantai yang sedikit berbeda tinggi sekitar 20 cm, karena khawatir akan menimbulkan masalah di kemudian hari misalnya orang terjatuh karena lantai yang beda level, maka ketika ingin menyamakan ketinggian lantai digunakan material bata ringan.

Mengapa memilih material bata ringan untuk meninggikan lantai? Mengapa tidak menggunakan urugan saja misalnya dengan menggunakan urugan pasir urug? 

Alasan pertama adalah lebih mudah mobilisasi dan pelaksanaan pekerjaannya. Bentuknya yang seragam lebih mudah untuk diangkut ke lokasi pekerjaan. Selain itu untuk proses pekerjaanya juga lebih mudah karena tidak perlu dilakukan pemadatan.

Alasan kedua adalah untuk mendapatkan elevasi atau tinggi peninggian lantai yang sama, beban material bata ringan lebih ringan jika dibandingkan dengan urugan pasir urug. Berat bata ringan untuk tiap m3 sekitar 600 kg yang tentunya lebih ringan jika dibandingkan berat pasir yang tiap m3 beratnya sekitar 1.700 kg sehingga penggunaan material bata ringan relatif tidak terlalu memberikan beban tambahan untuk struktur eksisting.

Kekurangannya adalah menggunakan material bata ringan akan menimbukan biaya yang lebih besar jika dibandingkan dengan menggunakan material pasir urug.

Biasa penggunaan material bata ringan untuk peninggian lantai dilakukan jika sudah ada struktur eksisting. Jika belum ada maka sebaiknya dari awal sudah diperhitungkan perbedaan elevasi yang diinginkan dan pelaksanaan pekerjaan struktur dilakukan sesuai perbedaan elevasi tersebut.

Demikian sedikit ulasan rumahmaterial.com tentang Fungsi Bata Ringan Selain Sebagai Pasangan Dinding, semoga bermanfaat bagi anda.

Back To Top