Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Komponen Utama Harga Pintu Jendela Kayu

Pintu dan jendela merupakan bagian bangunan yang menghubungkan antara ruangan maupun dalam dan luar bangunan. Salah satu jenis pintu dan jendela yang banyak digunakan adalah pintu dan jendela kayu. Untuk menghitung harga pintu dan jendela kayu kita perlu mengetahui komponen utamanya yaitu kusen, daun pintu atau jendela, finishing kusen dan daun pintu atau jendela, hardware pintu atau jendela, serta upah pemasangannya.

Untuk upah pemasangan terbagi atas pemasangan kusen serta pemasangan daun pintu dan hardwarenya seperti engsel dan kunci pintu.

Pintu kayu Dengan Model Minimalis
Pintu kayu Dengan Model Minimalis
Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi harga pintu jendela kayu, yaitu :

Jenis kayu yang digunakan misalnya menggunakan kayu kamper samarinda oven, kayu nyatoh oven, kayu Merbau, atau kayu jati. Pintu kayu yang menggunakan bahan kayu Jati merupakan pintu kayu dengan kualitas terbaik, tetapi harganya juga mahal Umumnya untuk digunakan bahan kayu Kamper samarinda Oven karena cukup baik kualitasnya tetapi harganya tidak terlalu tinggi.

Jenis pintu jendela kayu, apakah menggunakan kayu solid atau solid engineering? Apakah daun pintu hanya rangkanya yang solid sedangkan lapisannya menggunakan double teakwood? 

Jika menggunakan solid engineering maka akan sedikit lebih murah jika dibandingkan kayu solid. Salah satu produsen pintu kayu menproduksi pintu solid engineering dengan cara menyatukan potongan kayu dan papan mulktipleks dengan lem khusus dan dipress selama beberapa saat. Biasa pintu solid engineering menggunakan finishing lapis HPL (High Pressure Laminated).

Ukurannya, apakah menggunakan ukuran standard atau tidak? misalnya ukuran standard pintu adalah 90 cm x 210 cm, jika lebih kecil atau lebih besar maka akan mempengaruhi harganya.

Finishing kusen dan daun pintunya, apakah menggunakan finishing melamik, cat duco, atau lapis HPL (High Pressure Laminated). Finishing melamik dan cat duco lebih mahal daripada finishing lapis HPL karena sangat dipengaruhi oleh cuaca dan pekerjaannya lebih lama. Jika finishing melamik dilakukan pada saat hujan (meskipun dilakukan di workshop) maka hasilnya akan kurang baik karena udara yang lembab. 

Model pintu jendela kayu, apakah desainnya merupakan pintu minimalis atau pintu ukiran? apakah merupakan pintu satu atau dua daun? pintu panel atau pintu kaca rangka kayu, pintu polos atau motif?

Hardware yang digunakan. Hardware yang digunakan untuk pintu swing berbeda dengan pintu sliding (pintu dorong) dan berbeda lagi dengan pintu lipat.

Umumnya hardware yang digunakan pada pintu swing adalah engsel, kunci pintu, handle pintu, ada juga yang melengkapinya dengan door stopper dan door closer. Untuk pintu double teakwood masih bisa menggunakan dua buah engsel, tetapi untuk pintu panel solid biasanya digunakan tiga buah engsel karena lebih berat.

Untuk kunci pintu berkualitas baik biasanya dijual terpisah antara lockcase, cylinder, dan handlenya, maka untuk satu unit kunci pintu complete set kita harus menjumlahkan harga lockcase, cylinder, dan handlenya. Merek hardware pintu jendela berkualitas yang sering digunakan pada proyek bangunan rumah tinggal maupun perkantoran antara lain KEND, Dekkson, Solid, Dorma, dan banyak lagi merek yang lain.

Back To Top