Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

10 Furniture Untuk Ruang Kantor

Ruang kantor membutuhkan beberapa macam jenis furniture untuk menunjang aktivitas orang dalam melakukan pekerjaannya. Apa saja furniture yang dibutuhkan untuk ruang kantor? Simak 10 Furniture Untuk Ruang Kantor di bawah ini.

1. Kursi kerja

Kursi kerja berfungsi sebagai tempat duduk di area kerja. Biasa kursi kerja dibedakan antara level staf, manager, dan direksi. Untuk level manager dan direksi selain kursi kerja ada pula yang disebut kursi hadap yang diletakan di depan meja kerja untuk orang yang menghadap ke manager atau direksi tersebut.

Furniture Kantor

Untuk bahan penutupnya ada yang menggunakan bahan kain (fabric), kulit sintetis (oscar), kulit asli (leather). Biasa kursi level staf dan manager menggunakan penutup fabric atau oscar, sedangkan level direksi menggunakan bahan leather.

2. Meja kerja

Untuk meja kerja untuk top tablenya biasa menggunakan kayu solid, multipleks,  atau mdf lapis HPL, tergantung dari desain meja tersebut. Sedangkan untuk kaki meja bisa menggunakan kayu atau rangka metal.

3. Meja samping

Biasa digunakan sebagai tambahan meja yang diletakan di samping. Ukuran meja samping lebih kecil daripada meja kerja.

4. Mobile drawer

Biasa digunakan pada meja kerja yang tidak dilengkapi dengan laci. Mobile drawer merupakan furniture berupa laci yang dilengkapi dengan roda di bawahnya sehingga mudah dipindahkan.

5. Credenza

Credenza merupakan lemari panjang yang umumnya hanya setinggi meja. Credenza tersedia dalam produk furniture pabrikan, tetapi biasa lebih banyak digunakan credenza cutom made yang dibuat sesuai pesanaan karena dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan ukuran ruangan.

6. Lemari arsip

Lemari arsip merupakan lemari untuk menyimpan dokumen dan arsip-arsip. Ada lemari file yang berupa lemari file besi dan lemari file dari kayu. 

7. Flling cabinet

Berfungsi untuk menyimpan arsip penting dengan bentuk laci susun yang dilengkapi dengan kunci. Biasa filling cabinet berbahan metal.

8. Meja rapat

Meja yang digunakan di ruang rapat. Konfigurasinya menyesuaikan dengan kapasitas ruang rapat tersebut. Selain untuk ruang rapat kadang ada juga meja rapat kecil di area kerja untuk rapat internal masing-masing tim yang ada. Simak juga Tips Interior Furniture Ruang Rapat Yang Baik.

9. Worksation

Workstation merupakan rangkaian furniture dengan sistem knockdown yang berfungsi untuk mengoptimalkan ruang kantor dan meningkatkan produktivitas pekerjanya. Simak lebih lanjut tentang workstation dalam artikel Partisi Workstation Untuk Ruang Kantor Yang Optimal.

10. Sofa dan Coffee table

Biasa digunakan pada ruang tunggu di ruang kantor. Seperti kursi, lapisan penutup sofa juga ada yang berbahan fabric, oscar, maupun leather. Untuk jenisnya ada sofa 1 seater, sofa 2 seater, dan sofa 3 seater. Mana yang dipakai tentunya menyesuaikan dengan kebutuhan dan luas ruangan yang tersedia.

Paling tidak pada suatu area kantor terdapat 10 jenis furniture di atas. Untuk kualitas dan merek produk furniture di pasaran sangat beraneka ragam ada furniture yang merupakan produk lokal maupun impor, mana yang dipilih tentunya menyesuaikan dengan desain interior ruangan dan jumlah dana yang tersedia.

Ada pertanyaan atau komentar?
Silahkan sampaikan komentar anda pada form di bawah ini. Tetapi mohon untuk tidak menyampaikan komentar spam, menanam link, dan komentar yang tidak sesuai topik artikel karena tidak akan kami terbitkan. Terima kasih.

Back To Top