Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Interior Furniture Ruang Rapat Yang Baik

Interior Furniture Ruang Rapat

Ruang rapat merupakan salah satu ruangan yang penting untuk bangunan perkantoran. Ruangan ini merupakan tempat untuk melakukan presentasi, rapat, koordinasi, dan berdiskusi tentang berbagai macam hal. 

Agar rapat dapat berlangsung dengan baik dan efektif diperlukan desain interior furniture ruang rapat yang baik. Berikut ini rumahmaterial.com akan membagikan beberapa tips untuk interior furniture ruang rapat yang baik.

1. Pastikan pencahayaan yang cukup

Untuk masalah pencahayaan memang tergantung dari kegiatan dalam ruangan tersebut. Jika kita melakukan presentasi menggunakan proyektor dan screen tentu kita sering mematikan lampu agar tampilan presentasi di screen lebih jelas. 

Tetapi kita harus mendesain pencahayaan ruangan rapat untuk kondisi normal atau rapat tanpa menggunakan proyektor, ruangan harus mendapatkan cahaya yang cukup terang paling tidak untuk membaca. 

2. Gunakan partisi lipat untuk membagi ruang rapat

Jika ruang rapat terlalu besar bisa dibagi menjadi beberapa ruang rapat yang lebih kecil tetapi tidak permanen dengan menggunakan partisi lipat atau moveable sliding wall. 

Jadi jika akan digunakan untuk ruang rapat besar tinggal dibuka partisinya sebaliknya jika partisi lipat ditutup maka ruangan akan terbagi menjadi beberapa ruang rapat yang lebih kecil. 

Lebih lanjut mengenai partisi lipat pernah kami ulas dalam dalam artikel Mengenal Partisi Moveable / Sliding Walls.

3. Pilih furniture ruang rapat yang sesuai

Umumnya terdapat beberapa macam jenis furniture yang sering ada di ruang rapat yaitu : meja rapat, kursi rapat, backdrop dinding ruang rapat yang terdiri dari rak dan whiteboard yang dilengkapi dengan screen gulung.

Tergantung dari peruntukan ruang rapat yang akan dibuat maka jenis dan tipe furniturenya harus menyesuaikan. Apakah ruang rapat tersebut merupakan ruang rapat biasa yang sering digunakan oleh level staf dan manager atau ruang rapat VIP untuk para direksi, tentunya tipe furniture  yang dipilih juga berbeda. 

Tipe furniture, terutama kelasnya tidak bisa disamakan meski mungkin itemnya sama, misal kursi rapat jika untuk ruang rapat biasa menggunakan bahan pelapis kain atau fabric sedangkan untuk ruang rapat VIP menggunakan bahan leather atau kulit.

Selain itu ukuran ruangan dan kapasitas ruangan juga menentukan ukuran furniture yang digunakan misalnya untuk meja rapat. Besarnya ukuran meja rapat tentunya menyesuaikan dengan jumlah peserta rapat atau kapasitas ruang rapat tersebut.

4. Hati-hati dalam menentukan lokasi penempatan Air Conditioner (AC)

Jangan sampai hembusan AC mengarah langsung ke arah peserta rapat yang ada di ruangan itu. Selain tidak baik untuk kesehatan, hembusan udara dingin juga juga dapat mengganggu konsentrasi dari peserta rapat.

Jika menggunakan AC central maka perlu dilakukan perencanaan yang baik dalam menentukan titik grill yang mengeluarkan hembusan udara dingin dari AC tersebut. 

Sedangkan jika kita menggunakan AC split, kita harus mempertimbangkan agar jangan sampai hembusan angin dari AC langsung mengarah ke area meja rapat. 

Jika memungkinkan pilihlah lokasi yang tidak secara langsung mengarah ke arah meja rapat tetapi jika ukuran ruang rapat tidak memungkinkan kita bisa memasang AC reflector atau penahan hembusan AC dari bahan acrylic yang dipasang di dekat unit indoor AC

5. Siapkan sarana elektronik penunjang

Untuk ruang rapat yang baik diperlukan sarana elektronik penunjang, meski itu juga tergantung dari ukuran ruang dan kebutuhan dari masing-masing perusahaan dan bagian. 

Jika ruang rapat berukuran besar mungkin perlu instalasi tata suara secara khusus selain itu perlu juga disiapkan proyektor dan screen yang biasa digunakan untuk presentasi.

Biasanya proyektor digantung di atas plafon dengan menggunakan bracket dan dioperasikan dengan menggunakan remote control sehingga tidak mengganggu seperti jika diletakkan di atas meja rapat. 

Sedangkan untuk screennya bisa dipasang jenis screen yang dapat digulung dan dipasang di atas whiteboard backdrop.

Demikian tips tentang interior furniture ruang rapat yang dapat rumahmaterial.com sampaikan, semoga bermanfaat.

2 komentar untuk "5 Tips Interior Furniture Ruang Rapat Yang Baik "

  1. tks infonya. beberapa kali dapat pekerjaan bikin interior ruang meeting, tipsnya sudah sy aplikasikan.

    BalasHapus