Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Mau Sewa Excavator? Perhatikan 5 Hal Ini

Salah satu tujuan kita menggunakan alat berat excavator adalah untuk meningkatkan produktivitas kerja pada pelaksanaan proyek konstuksi, khususnya pada pelaksanaan pekerjaan galian dengan volume yang besar. Jika memerlukan alat berat excavator tetapi kita tidak memilikinya, kita tetap bisa menggunakannya dengan sistem sewa.

Untuk mengetahui apa saja komponen biaya yang harus diperhitungkan ada di artikel Komponen Penting Biaya sewa Alat Berat Excavator.

Kadang dalam menyewa excavator kita mendapatkan unit yang sudah tua dan terdapat kerusakan sehingga akan mengurangi produktivitasnya, misalnya terjadi kerusakan sehingga tidak bisa dioperasikan / mogok.

Waktu yang mendesak dan kurangnya pengetahuan tentang kondisi alat berat excavator kadang membuat kita menerima alat itu apa adanya dari pihak rental. Meski dari pihak rental beredia memperbaikinya tanpa tambahan biaya, tetapi dari segi waktu tentunya akan sangat merugikan penyewa. Pekerjaan yang harusnya sudah dapat diselesaikan akan tertunda.
Sewa Alat Berat Excavator
Sewa Alat Berat Excavator
Untuk menghindari hal tersebut idealnya sebelum menyewa unit excavator kita harus melakukan pengecekan ke pool rental excavator sebelum didatangkan ke lokasi proyek untuk memastikan unit excavator yang akan disewa dalam kondisi yang baik. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain :
  1. Kelengkapan Dokumen, apakah excavator tersebut dilengkapi Surat Ijin Layak Operasi (SILO) atau tidak? Apakah SILO/sertifikasi alat masih berlaku? Paling tidak harus tersedia data  merek excavator, kapasitas, dan tahun pembuatannya.   
  2. Kondisi Kabin Operator, apakah dilengkapi dengan tempat duduk, seat belt, kaca dan wiper, lampu kabin,pintu kabin, serta  odometer dan rem tangan?
  3. Kondisi Ruang Mesin, apakah ruang mesin dalam kondisi yang baik, kering , dan tidak ada kebocoran oli? Apakah oli mesin, oli transmisi, oli hidrolik dalam keadaan masih bagus dan cukup jumlahnya? Apakah kondisi radiator masih bagus dan air radiator cukup jumlahnya? Dan beberapa bagian lain yang harus diperiksa oleh mekanik yang memiliki pengetahuan tentang mesin.
  4. Kondisi Fisik Alat, apakah excavator dapat dijalankan dan dioperasikan dengan normal? Bagaimana kondisi roda tracknya? Bagaimana kondisi bucketnya? Dan lain-lain.
  5. Operator Alat, apakah operatornya memiliki pengalaman yang cukup? Apakah operator memiliki Surat Ijin Operator (SIO)?  Apakah SIO/sertifikasi operator masih berlaku?
Dengan melakukan pengecekan kondisi alat excavator yang kita sewa di pool rental akan meminimalisir terjadinya kerusakan alat di lokasi proyek yang pada akhirnya akan mempengaruhi produktivitas alat di lapangan.

Back To Top