Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Mencari Rumah Idaman, Sebuah Pengalaman

Sudah cukup lama rumahmaterial.com tidak update artikel, pada kesempatan ini kami ingin berbagi tentang pengalaman kami dalam mencari rumah untuk tempat tinggal. Ini merupakan pengalaman kami beberapa tahun yang lalu.

Mencari rumah tinggal di kota besar seperti Jakarta dengan penghasilan yang hanya secukupnya menimbulkan tantangan tersendiri. Jika menunggu sampai uang tabungan mencukupi maka sampai kapan pun kelihatannya susah untuk dapat membeli rumah seperti pernah kami sampaikan dalam artikel Kapan Saat Yang Tepat Untuk Membeli Rumah? Maka jalan satu-satunya saat itu adalah memantapkan hati membeli rumah dengan cara KPR.

Rumah Tapak

Selain berburu rumah melalui pameran properti, website jual beli rumah, kami juga rajin berkeliling ke kompleks-kompleks perumahan untuk melihat-lihat apakah ada rumah second yang dijual. Dalam mencari rumah idaman kriteria yang menurut kami paling penting adalah lokasi dan kondisi lingkungannya.

Mengapa demikian? Pertimbangannya adalah kalau kondisi rumah sudah tidak layak kita bisa melakukan renovasi, tetapi kalau lokasinya sudah salah seperti misalnya sangat jauh dari tempat kerja, terletak di lokasi yang rawan banjir, kondisi keamanan lingkungan yang buruk tentunya akan sangat sulit untuk mengatasinya karena itu semua di luar kendali kita.

Jika rumah yang dijual terletak di lokasi yang rawan banjir, silahkan simak artikel sebelumnya tentang 4 Tips Memilih Rumah Di Daerah Banjir.

Mencari rumah di pameran properti kadang juga kurang sesuai bagi kami yang mencari rumah tapak (landed house) dengan jarak yang tidak jauh dari lokasi tempat kerja. Pada pameran properti biasanya yang ikut adalah perumahan baru yang lokasinya cenderung di pinggir kota atau bahkan di daerah peyangga seperti tangerang dan bekasi.

Yang paling sering kami lakukan adalah menggabungkan antara mencari rumah melalui website jual beli rumah dan berkeliling kompleks perumahan. Dari website jual beli rumah seperti rumah123.com dan website agen properti kita akan mendapatkan informasi harga rumah dan lokasi daerahnya meski tanpa menyebut alamat pastinya.

Hampir semua listing di website jual beli rumah tidak menyebutkan alamat pasti dari rumah yang dijual supaya kita menghubungi penjual atau agen properti yang memasarkannya. Padahal seperti kami sebutkan di atas, paling penting adalah kita mengetahui secara pasti lokasi dan kondisi lingkungan. Tetapi karena sering berkeliling kadang tanpa menghubungi agen properti tersebut kita sudah dapat mengetahui alamat listing rumah yang dijual (yang biasanya dilampirkan foto).

Jika lokasi sudah tidak cocok atau harga juga tidak cocok misalnya terlalu mahal maka listing tersebut akan kami abaikan agar tidak membuang waktu dalam berburu rumah yang lain. Jika lokasinya sesuai kriteria, dan harga juga masih mendekati budget yang dapat diusahakan maka selanjutnya adalah melihat langsung kondisi rumah tersebut.

Pertama kami menghubungi penjual atau agen properti dan mengadakan janji untuk melihat kondisi fisik rumah yang ditawarkan. Umumnya pihak penjual atau agen properti tidak keberatan dan dengan senang hati mengantar kita melihat kondisi rumah yang dijual.

Dari pengalaman mencari rumah idaman selama dua tahun kami sudah melihat banyak iklan rumah dijual sekaligus melihat kondisi fisik rumahnya. Dari situ kami mendapatkan gambaran mengenai harga saat itu untuk properti di suatu lokasi dengan kondisi fisik tertentu sehingga sedikit banyak akan dapat menilai apakah harga yang ditawarkan terlalu tinggi, wajar, atau terlalu murah. 

Back To Top